Go to Top

Pertanyaan Seputar Air

Pertanyaan Seputar Air

Jenis air seperti apa yang sebaiknya saya gunakan?

Sebenarnya air yang paling baik adalah air yang alami, yaitu air dari tanah. Jika air tanah di rumah Anda bagus dan layak minum, Anda harus bersyukur karena inilah air sebaiknya Anda gunakan.
Silahkan panaskan air / filter dahulu agar airnya siap minum, lalu buat teh manis seperti yang biasa Anda lakukan.

Apakah boleh menggunakan air mineral?

Jawabannya adalah: Ya dan Tidak!

Ya: Anda bisa menggunakan air mineral (merk apapun), untuk membuat teh Kombucha.

Tidak: Jika Anda memfokuskan untuk menebalkan baby SCOBY, sebaiknya tidak menggunakan air mineral karena air mineral menandung Ozone (O3) yang dapat membununuh bakteri.
Anda bisa memfermentasi Teh Kombucha menggunakan air mineral ini, tapi baby-nya tidak akan berkembang dengan baik. Biasanya lapisannya akan sangat tipis atau tidak bertumbuh sama sekali. Akan tetapi airnya tetap layak minum.

Jadi, jangan bingung kalau Anda menggunakan air mineral – merk apapun – lapisan baby SCOBY nya tidak dapat bertumbuh secara normal.

Apakah boleh menggunakan PAM? air beroksigen tinggi? atau Hexagonal? kalau air Kangen? atau Milagros?

Pada dasarnya Anda bisa menggunakan jenis air apapun. Tapi yang paling bagus menurut hemat saya adalah yang alami – yaitu air tanah.

Hanya saja karena kondisi air yang sudah banyak tercemar, tidak semua air tanah layak minum. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk membuat Teh Kombucha. Air mineral, air PAM, air Kangen, air Oksigen, air Hexagonal, air Milagros atau lain-lainnya bisa Anda gunakan.

Khusus untuk air mineral – apapun merknya – selalu mengandung Ozone di dalamnya. Ozone mempunyai kemampuan membunuh bakteri. Oleh karena itu pertumbuhan baby SCOBY akan terganggu sehingga selama proses fermentasi (walaupun ditunggu sampai lama) baby SCOBYnya akan tumbuh sangat tipis atau tidak tumbuh sama sekali; Akan tetapi airnya tetap layak minum.

Air jenis apa yang tidak disarankan?

Nah, ini pertanyaan yang bagus.

Jenis air yang tidak disarankan adalah air yang mengandung ozone yang sangat tinggi!
Air apakah itu? Air mineral dari depot air yang ada di pinggir jalan! Air yang mereka hasilkan mempunyai kadar Ozone yang sangat tinggi karena setelah melalui proses penyaringan dan UV, mereka menembakkan ozone dalam airnya. Kadar Ozone yang masih tinggi ini berbahaya karena selain akan membunuh baby SCOBY, juga akan membunuh seluruh bakteri dalam koloni (Induk SCOBY)nya.

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan klik pilihan pertanyaan di bawah ini:

 

Perlu bantuan? Perlu bantuan?
Jika Anda mempunyai pertanyaan yang belum terjawab di blog ini, silahkan bertanya di form Kontak Kami, atau SMS/Whatsapp ke 0878 2345 1768.

 

Web Analytics