Go to Top

Pertanyaan Seputar Gula

Pertanyaan Seputar Gula

Boleh nggak fermentasinya tanpa gula?

Tidak bisa..

Proses fermentasi membutuhkan gula untuk makanan ragi. Tanpa gula, ragi tidak ada pasokan makanan dan tidak akan terjadi proses fermentasi.

Kalaupun memang ingin menghindari gula, bisa menggunakan cara ini:
1. Kadar gulanya dikurangi,
2. Fermentasinya diperpanjang
3. Gunakan buah untuk mengganti gulanya.

Jenis gula apa yang baik untuk membuat Teh Kombucha?

Semua jenis gula yang alami bisa dipakai untuk fermentasi:
1. Gula Pasir
2. Gula Batu
3. Gula Aren
4. Gula Palem (Palm Zuikker)
5. Molases
6. Black Molases

Namun demikian ada catatan yang harus Anda perhatikan:

1. Gula pasir yang warnanya benar-benar putih, walaupun kelihatannya jauh lebih putih, pada kenyataannya tidak bagus untuk kesehatan karena sudah di bleaching (dicuci) oleh zat kimia!
Oleh karena itu kalau ingin menggunakan gula pasir, gunakan yang warnanya paling keruh yang ada di pasar.. Memang airnya akan lebih keruh dan banyak kerikil/pasir pada saat kita mencairkan gula. Tapi kita dapat dengan mudah menyaringnya dengan kain.

2. Lebih baik menggunakan gula batu dibandingkan gula pasir. Gula batu ternyata lebih mudah diproses oleh tubuh sehingga tidak memberatkan fungsi pankreas, dibandingkan dengan gula pasir, sehingga lebih aman bagi tubuh.
Namun demikian.. kita mengacu lagi ke poin pertama: Sebaiknya gula batu yang digunakan adalah gula batu yang keruh warnanya, bukan yang bening bersih.. karena tandanya itu sudah dibleaching oleh zat kimia.

Saya sedang diet, apakah saya boleh menggunakan Gula Diet?

Mohon maaf, Produk pemanis yang dinamakan: Gula Diet, Bebas Gula, Gula Rendah Kalori atau apapun namanya yang bertujuan untuk diet, bahan bakunya adalah Aspartam!

“Aspartam, salah satu zat pemanis buatan yang umum terdapat pada gula diet, bisa menimbulkan efek negatif bila dikonsumsi berlebih dalam jangka panjang. Beberapa efek negatif itu, misalnya, memicu gangguan jaringan otak manusia, menimbulkan sakit kepala, kejang-kejang, mati persendian, mual-mual, kejang otot, hingga akibat paling tragis: kematian. Selain itu Aspartam juga berpeluang menimbulkan kerusakan ginjal” (Diambil dari salah satu artikel mengenai bahaya di balik gula diet).

Jadi, daripada diet dengan cara mengkonsumsi gula kimia dan berharap turun timbangan, lebih baik menggunakan gula lokal yang keruh, kurangi makanan yang mengandung tepung, gula dan minyak. Dijamin! 😀 (y)

Memang apa saja sih pemanis buatan?

Berikut adalah nama pemanis buatan yang beredar di pasaran:
* Aspartam (Aspartame)
* Dextrose
* Dulsin / Sukrol (Sucrole)
* D-Xylose
* Eritrithol (Sodium Erythritol)
* Fructose Crystallin
* Kalium asesulfam (Acesulfame K)
* L-(+)-Arabinose Crystallin
* Laktisol
* Maltitol
* Manitol
* Neotam
* Sakarin (Sodium Saccharin)
* Siklamat
* Sorbitol (Sorbitol Powder)
* Sukralosa (Sucralose)
* Xylitol

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan klik pilihan pertanyaan di bawah ini:

 

Perlu bantuan? Perlu bantuan?
Jika Anda mempunyai pertanyaan yang belum terjawab di blog ini, silahkan bertanya di form Kontak Kami, atau SMS/Whatsapp ke 0878 2345 1768.
Web Analytics