Go to Top

Pertanyaan Seputar Proses Fermentasi

Pertanyaan Seputar Proses Fermentasi
Teh Kombucha

Berikut adalah video timelapse proses fermentasi Teh Kombucha selama 7 (tujuh) hari.

Apa yang dimaksud dengan Biang / Starter Kombucha?

Biang / Starter Kombucha versi Indo Kombuha ada 2 jenis: Kultur Kombucha yang berbentuk gel berwarna putih dan Cuka Teh Kombucha. Cuka Teh Kombucha adalah sebenarnya Teh Kombucha yang difermentasi lebih lama sehingga lebih asam. Cuka Teh Kombucha dari Indokombucha adalah Teh yang telah difermentasi selama 2-4 bulan lamanya. Kedua jenis Biang / Starter ini wajib dimasukkan kedalam teh manis ketika akan melakukan proses fermentasi. Tanpa Cuka Teh Kombucha, tingkat kegagalan fermentasi bisa mencapai 80%! Kenapa? Karena teh manis keburu basi sebelum sempat difermentasi. Memang pada akhirnya teh manis tersebut akan difermentasi sehingga rasanya akan menjadi asam, tapi bau teh basi akan tetap tinggal

Berapa lama saya harus fermentasi?

Sebaiknya lama fermentasi adalah 7-12 hari agar sukrosa (gula pasir) terurai menjadi fruktosa (gula buah-buahan). Tetapi, untuk penderita diabetes, disarankan untuk minum Teh Kombucha yang telah difermentasi minimal 14 hari, agar kadar sukrosa seluruhnya terurai menjadi fruktosa.

Saya baru fermentasi 1 hari, tapi rasanya koq sudah asam? Boleh diminum nggak?

Rasa asam itu bukan berasal dari teh manis yang difermentasi, melainkan dari biang / starter teh kombucha. Bisa saja diminum, tapi berarti Anda hanya minum Teh Manis yang diberi sedikit Teh Kombucha; belum ada khasiat dari teh kombucha itu sendiri. Apalagi jika kemudian dipakai untuk biang di fermentasi berikutnya, bisa dipastikan hasilnya akan gagal.

Induk Kombucha saya tenggelam! Apakah sudah mati?

Posisi induk Kombucha (terapung/tenggelam/terbalik/miring) tidak berpengaruh terhadap kualitas kultur maupun air teh manisnya. Jika didalam kultur Kombucha mengandung banyak oksigen, maka dengan sendirinya dia akan mengapung.

Kenapa Baby SCOBY hasil fermentasi saya tipis sekali? cuma sekitar 2-3 milimeter? Kenapa yang beli dari Bapak bisa tebal?

Kecepatan pertumbuhan baby SCOBY sangat dipengaruhi oleh kualitas air. Setelah saya melakukan banyak percobaan dan juga banyak mendengar cerita dari para kombucha brewer, maka saya berkesimpulan bahwa untuk memfermentasi Teh Kombucha, air tanah (air sumur) yang layak minum itu kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dengan air mineral.

Mengapa bisa begitu? Silahkan cek detailnya di Pertanyaan seputar Air

Bagaimana supaya Scoby saya bisa tebal?

Ada sedikit tips untuk membantu membuat Baby Scoby semakin tebal: Pada hari ke-2 atau hari ke-3, taburkan sedikit gula pasir secara merata pada permukaan Baby Scoby. Ulang setiap 2-3 hari. Jangan terlalu banyak memberi gula karena akan mengakibatkan baby Scoby tenggelam.

Fermentasinya boleh disimpan di Kulkas?

Jangan.. Proses fermentasi sebaiknya selalu di suhu ruangan selama 7-14 hari. Kalau disimpan di suhu yang dingin, ragi dan bakteri akan menjadi tidak produktif karena menjadi dormant (tidur) sehingga sampai 1 bulan pun airnya tidak akan menjadi asam atau hanya berubah sedikit sekali asamnya.

Nah, hasil dari fermentasi inilah yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas karena kita menginginkan si teh kombucha ini tidak cepat menjadi asam, dan untuk kali ini kita menyuruhnya untuk dormant.

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan klik pilihan pertanyaan di bawah ini:

 

Perlu bantuan? Perlu bantuan?
Jika Anda mempunyai pertanyaan yang belum terjawab di blog ini, silahkan bertanya di form Kontak Kami, atau SMS/Whatsapp ke 0878 2345 1768.
Web Analytics