Go to Top

Pertanyaan Seputar Teh

Pertanyaan Seputar Teh

Teh jenis apa saja yang boleh dipakai?

Semua jenis teh bisa dipakai: Teh hitam, putih, hijau atau merah. Asalkan saja tehnya adalah teh yang original, dalam arti tidak dicampur dengan perasa/flavour lain, seperti melati, mint, lemon dsb.

Mana yang lebih baik: teh celup atau teh tubruk (daun teh?

Saya menyarankan untuk selalu menggunakan teh tubruk (daun teh), mengapa? Karena kantung teh celup mengandung pemutih yang dapat membahayakan tubuh. Memang kadarnya sangat kecil sekali sehingga tergolong aman bagi tubuh. Tapi jika ditumpuk selama bertahun-tahun, pasti akan berdampak negatif bagi tubuh. Seperti kata pepatah: ‘Lebih baik mencegah daripada mengobati’.

Baiknya saya pakai teh merk apa?

Merk apapun bisa, selama tehnya tidak dicampur dengan bahan-bahan lain yang seperti saya sebutkan diatas (melati, mint, lemon dsb)

Berapa gram teh tubruk per liter harus saya sediakan?

Untuk saya, Ini pertanyaan yang sulit. Kenapa? Ada yang suka tehnya hitam dan pekat, ada yang senangnya asal ada warna (bahasa Sundanya: ‘cemplang’) dll. Jadi ujung-ujungnya, untuk pertanyaan ini saya selalu mengatakan “Berapa gramnya tergantung selera Anda..” Tetapi ilmu yang saya pelajari dari para pecinta teh, sederhananya adalah 1 sendok teh untuk 300ml air, dan cara menyeduh teh yang benar adalah sebagai berikut (satuan derajat Celcius):

  • Teh Hitam suhu air yang digunakan adalah 100 derajat
  • Teh Oolong 80-90 derajat.
  • Teh Hijau cukup dengan air 70 derajat,
  • Teh Putih lebih rendah lagi, cukup dengan suhu air 60 derajat

Lama menyeduh kembali lagi ke selera masing-masing. Semakin lama menyeduh, semakin pekat warna dan rasanya pun akan semakin pahit.

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan klik pilihan pertanyaan di bawah ini:

 

Perlu bantuan? Perlu bantuan?
Jika Anda mempunyai pertanyaan yang belum terjawab di blog ini, silahkan bertanya di form Kontak Kami, atau SMS/Whatsapp ke 0878 2345 1768.
Web Analytics