Pertanyaan Seputar Pemesanan

Pertanyaan Seputar Pemesanan

178 Responses

  1. Ratana says:

    Pak Arsen, pesenan ku kok lom sampe?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pak Ratana, paketnya saya baru kirim hari senin kemarin, sekitar 4 hari sampai pak.
      Nomor Pengiriman (POD): 57666537.
      Mohon maaf atas keterlambatannya.

      Reply
  2. Ratana says:

    Hallo Pak Arsen, kirimannya udah saya terima, terima kasih.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Terima kasih atas informasinya Pak.
      Kalau ada pertanyaan sehubungan dengan Kombucha, jangan ragu-ragu untuk menghubungi saya (via email atau sms).
      πŸ™‚

      Reply
  3. jeany says:

    Permisi, mas…, saya kepingin nyoba minuman kombucha ini, tapi masih sulit sekali menemukannya di bali.

    apakah ada produk minuman kombucha yang telah masuk dan beredar di supermarket di indonesia, atau di indokombucha ini, bisa nggak beli minuman yang sudah jadinya (bukan jamurnya)?

    karena saya pengen coba dulu rasanya, kalau suka, niscaya ingin coba membuatnya sendiri, dan menyebarkan khasiatnya pada teman-teman saya. thanks.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Mba Jeany

      Terima kasih sudah berkunjung ke indokombucha.wordpress.com πŸ™‚

      Untuk produk berbahan dasar kombucha saat ini di Indonesia belum (resmi) ada di pasaran. Kalaupun ada baru sekitar teman2 dan lingkungan saja. Untuk pasar Supermarket belum ada. (Impian saya sih nantinya begitu :D)

      Kalau mau beli hasilnya bisa koq, saya kirim dalam kemasan 500ml. Harganya cuma 10.000.
      Untuk ongkos kirimnya saya harus cek dulu cek dulu di Pos & Giro, karena JNE nggak ada jalur ke Bali.

      Reply
  4. ribka says:

    Kalo kirim ke medan minuman kombucha berapa ya??

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      tepatnya dimana ya lokasinya? Soalnya Medan besar sekali.. Kalau via JNE minimal sy butuh data kecamatannya.

      Reply
  5. alex says:

    Alex

    Apa bisa saya beli ditempat Bapak, dimana alamatnya?
    Terima kasih.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Bisa pak.
      Saya akan informasikan langsung ke email Bapak.
      Terima kasih.

      Reply
  6. Edward Riordan says:

    Do you ship to the USA? I am very interested in your product. My zip code is 67204. I would appreciate your reply.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Hi Edward,
      Thank you for your request. I will email you private in two days for shipping and handling.

      Reply
  7. Indo Kombucha says:

    Hi Edward,
    Since you didn’t write your email, I have difficulties to contact you.
    Do you have TnT or Fedex account? I you have one, it is easier for me to send package to you.
    Please write me in private, so we can arrange the shipment.

    Reply
  8. gunar says:

    sy mau coba beli bibit kombucha…minta no rek bca atau mandiri..tks (bs diinfo ke blog sy.tks)

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Mas Gunar,
      Terima kasih sudah mampir ke Indokombucha.wordpress.com

      Perlu berapa buah jamurnya? Per buah (ukuran M) Rp 60.000.
      Saya perlu alamat lengkap (beserta dengan kecamatan) Mas Gunar.
      Pembayaran via BCA ke no rekening: 7840023235 an/ Arsenius Sutandio.
      Setelah pembayaran diterima, kami akan segera mengirimkan paketnya ke alamat Anda.

      Dengan adanya program KombuShare, uang Anda yang kami terima, akan kami sisihkan Rp 15.000 (per 1bh Kombucha) untuk diserahkan kepada Panti Asuhan.
      Terima kasih atas partisipasinya πŸ™‚

      Reply
  9. Alex Istanto says:

    mohon alamat rumah anda. Mau saya beli dirumah anda. Terima kasih. Dari bp. Alex

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Saya sudah kirimkan alamat saya ke email Bapak. Saya tunggu kedatangannya πŸ™‚

      Reply
  10. dewi sukarno says:

    Terima kasih atas info yg begitu bermanfaat bagi kita semua. Saya ingin memesan dengan ukuran m, saya ingin mencobanya, brp ongkos kirim untuk wilayah medan? Jika ingin membelinya per partai apakah mendapatkan discount khusus?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Ibu Dewi,
      Terima kasih atas kunjungannya ke http://indokombucha.wordpress.com.
      Ongkos kirim ke Medan (semua kecamatan) Rp 20.000, kecuali daerah Belawan Rp 25.000 per kilo (menggunakan JNE).
      Untuk pembelian partai, minimal order adalah 12 buah.
      Karena Indo Kombucha sedang ada program “KombuShare – Share the Health – Share the LOVE”, maka besaran discountnya agak kecil, karena keuntungan akan kita berikan juga kepada anak-anak Panti Asuhan. Tapi saya yakin ini tidak akan menyurutkan niat Ibu Dewi untuk membeli dalam jumlah partai, karena semakin banyak Ibu membeli Kombucha dari kami, semakin besar juga zakat yang Ibu sisihkan bagi anak-anak Yatim Piatu πŸ™‚
      Untuk besaran discountnya, saya kirim via email secara pribadi saja ya bu.. πŸ™‚

      Reply
  11. adit says:

    assalamualaikum pa
    saya punya scoby nya dirumah itu sudah berukuran dm 1 meter dan tebal 15 cm.
    kalau saya mau jual appa bapak akan trima??

    Reply
  12. niniek says:

    Kalo mau beli langsung alamat di Jakarta, dimana ya?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Bu Niniek,

      Ibu bisa membelinya dari Kami. Kami bisa mengirim ke seluruh Indonesia.
      Kalau Ibu perlu cepat, kami bisa mengirimkan 1 hari sampai πŸ™‚
      Perlu berapa unit bu?

      Reply
  13. Edward tobing says:

    Saya tingggal di ciracas, jakarta timur. Saya mau beli 2 kombucha ukuran M, brp jumlah yang harus saya bayar + cara pembayaran berikut ongkos kirimnya. Tks

    Edward

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pa Edward,
      Terima kasih sudah berkunjung ke indokombucha.wordpress.com

      Untuk 2buah kombucha ukuran M dan Ongkos kirim, totalnya adalah 128.000

      Pembayaran bisa melalui transfer ke BCA no. 7840023235 an/ Arsenius Sutandio

      Apabila pembayaran sudah diterima, kami akan segera mengirimkan ke alamat Anda.

      Untuk alamat lengkapnya, tolong di-SMS ke 087823451768.
      Terima kasih atas ordernya πŸ™‚

      Reply
  14. Lina says:

    Pak, saya mahasiswi Unbraw-Malang, saya akan menggunakan kombucha sebagai topik skripsi saya, namun teh diganti dengan jus apel dengan gula kelapa. Kira2 bisa tidak ya pak??
    saya mau pesan bibit kombucha, kira2 ongkos kirim ke Malang berapa? berapa hari? terima kasih sblmnya. Gbu

    Reply
  15. WAJIANTO says:

    gimana caranya memperoleh jamur kombucha? apa di Balikpapan ada?

    Reply
  16. Lina says:

    Iya terima kasih pak,,,karna kemungkinan saya perlu banyak, apakah ada harga grosir pak?? hehe, maklum mahasiswa…
    Kira2 berapa hari ya pak sampai di Malang?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Kalau mau ambil banyak, lebih baik ambil minimal 1 lusin (12bh), ntar saya kasih harga khusus skripsi deh.. πŸ˜‰
      Ke Malang sampai 2-3 hari.

      SMS saya di 087823451768 aja deh ya, biar komunikasinya bisa lebih cepat. Thx & GBU!

      Reply
  17. Arwine Theresia says:

    Pak Arsen,
    Sudah dapat scoby-nya Pak Ait yang ukuran diameter 1 meter x 15 cm itu ??? saya jadi penasaran pengen lihat bentuknya.
    Pak, saya mau tanya, apakah kombucha kalau dipotong/dibelah, kombucha’nya mati ya ? Kombucha ini termasuk hewan atau tumbuhan ya Pak ? Atau pecahaannya bisa tumbuh jadi kombucha baru. Pak, teman saya di Timika juga ada yang pelihara kombucha, katanya sudah ada beberapa pelanggannya yang setelah sekian lama menikah belum dikaruniai anak, minum teh kombucha akhirnya berhasil hamil. Apakah teh kombucha ini juga dapat mengatasi infertilitas ? Saya belum pernah minum kombucha tea, dan agak takut mencoba karena takut efek sampingnya setelah 5 atau 10 tahun kedepan. Teman saya itu menawarkan saya untuk coba minum kombucha tea, bagaimana saya bisa tau kombucha tea teman saya itu bagus, apakah bisa dinilai dari rasa dan penampilannya saja ? Mohon advicenya ya Pak Arsen.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Bu Theresia,
      Justru saya hilang kontak sama Pa Ait (saya justru baru tau namanya sekarang). Saya juga penasaran pengen liat bentuknya πŸ˜€
      Kombucha nggak akan mati kalau dipotong. Kombucha itu yang pasti bukan Jamur. Banyak yang salah berpikir kalau Kombucha adalah tanaman / Jamur.
      Kombucha disebut juga sebagai SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast), jadi dia itu adalah kumpulan dari Bakteri dan Ragi yang menguntungkan unuk tubuh dan membentuk kultur berupa Gel yang hidup bersama-sama.
      Sebenarnya Teh Kombucha itu juga bukan obat, karena tugas dari Asam yang terkandung dalam Teh Kombucha adalah men-detoks organ-organ tubuh kita supaya fungsinya kembali menjadi normal/maksimal. Oleh karena itu memang sangat mungkin orang yang sulit mempunyai anak, setelah minum Teh Kombucha secara rutin, kondisi tubuh dan organ dalamnya menjadi normal, sehingga menjadi mudah untuk mempunyai anak.
      Efek Samping dari Teh Kombucha memang ada bu! Setelah 5-10 tahun tubuh Anda akan jauh lebih segar dibandingkan jika tidak minum Teh Kombucha! πŸ˜‰
      Teh Kombucha bisa dibilang tidak bagus kalau SCOBY-nya berjamur! Maka seluruh Teh yang sedang difermentasi harus dibuang beserta dengan Scoby dan baby scoby-nya. Selain itu, Teh Kombucha baik untuk diminum! Jangan takut bu, kalau Teh Kombucha memang jelek / tidak berkhasiat, tidak mungkin minuman ini akan terus dijadikan minuman kesehatan selama 2000 tahun lebih.. Minuman ini walaupun jelek penampilannya, sudah diminum oleh hampir seluruh negara lho bu! Jadi jangan kuatir.. dijamin Aman! πŸ™‚
      Mungkin Ibu bisa mempelajar dahulu, siapa-siapa saja yang tidak boleh minum Teh Kombucha disini.. dan juga pelajari dosis minumnya. Kalau sudah biasa minum sih.. hajar saja! tidak ada batasan minum berapa banyak.. πŸ˜‰

      Reply
  18. Arwine Theresia says:

    Pak Arsen,
    terima kasih responnya. Informasinya sangat membantu. Berarti kalau mau memperbanyak SCOBY, bisa dipotong-potong jadi banyak ya …

    Menggenai teh kombucha yang saya tanyakan sebelumnya, maksudnya begini Pak, di Timika ini teman saya jual teh kombucha yang sudah botolan (hanya tehnya saja tidak termasuk SCOBY).
    Jadi kalau cuma lihat dari penampilan/warna dan rasanya tehnya saja, bagaimana saya bisa tau kualitas tehnya bagus. Karena saya tidak liat jamurnya, jangan-jangan teh tersebut dari SCOBY yang berjamur atau fermentasi kurang dari 7 hari.

    Anyway, sayang sekali tidak bisa lihat SCOBY Pak Adit yang 1 meter itu, kayanya kalo setebal 15 cm, bisa dijadikan kasur atau bantal πŸ˜€

    Reply
  19. Indo Kombucha says:

    Memang sulit untuk memastikan apakah pembuatannya higienis, apakah scoby-nya sehat / sudah tercemar jamur dsb. Kalau fermentasi kurang dari 7 hari, rasanya dominan manis dan tidak ada sodanya.
    Tapi kalau ingin tahu apakah scoby-nya berjamur, sulit menjelaskannya karena harus mencoba dan membandingkan antara teh yang steril dan yang sudah terkontaminasi. Mungkin saya bisa kasih petunjuk: ada aroma lain selain dari teh kombucha. Bisa jadi ada aroma teh basi, atau justru aromanya terasa lebih manis.
    Yang paling mudah adalah dengan cara membuatnya sendiri, jadi Ibu bisa memastikan sendiri hasilnya.

    Iya saya juga nggak ngerti nanti kalau misalkan bisa saya beli kombucha sebesar itu, mau saya pake buat apa ya? πŸ˜€

    Reply
  20. trisx says:

    Wah lagi nungu kiriman kombuca dari bpk nih ! Ga sampai2 ….maklum pingin cepet ngrasain .

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Iya pak, sudah dikirim via JNE sejak 27/04/11 kemarin pak.
      Mungkin besok sampai pak. Bisa jadi karena alamatnya kurang jelas, akhirnya pengirimannya terlambat. Tapi biasanya pihak JNE telepon kalau nggak sampai.
      Saya sudah taruh nomor HP bapak di paketnya koq pak.
      Tolong informasikan sampai tidaknya ya pak..
      Maaf atas keterlambatannya.

      Reply
  21. trisx says:

    Pak Arsenius kombucanya sudah saya terima dg kondisi baik,trims pak,sekalian izin nyimak blognya….hehe,buat yg membutuhkan kombuca disinilah tempatnya :recsell :recsell πŸ™‚

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pa Tris, terima kasih untuk informasinya. Mohon maaf atas kesalahan pemberian nama sehingga datang terlambat.
      Tapi syukurlah paketnya datang dalam keadaan sehat πŸ™‚

      Reply
  22. stephanie dewi says:

    Shalom,

    mohon info alamat nya bisa? sekaligus harga nya, apa ada perubahan? Adik saya yg ada di bandung bermaksud membeli… pengin bisa datang langsung…
    Terima kasih ya…

    Salam, Dewi

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Shalom Mba Dewi,
      Saya kirim via PM aja ya πŸ™‚

      Reply
  23. ika says:

    pak apakah teh yg di pakai hrs teh hijau dan apakah klu beli sama bapak scoby sama teh nya jd berapa harganya?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Ibu Ika,
      Teh yang digunakan nggak harus teh hijau koq.. teh putih, teh merah, teh hitam bisa! Asal jangan yang sudah dicampur dengan aroma / flavor lainnya. Misal: lemon tea, mint tea dll. Lebih baik pakai yang murni saja.
      Teh yang biasa saya pakai adalah Teh hijau Sencha (Japanese Speciality), Per 100 gram saya jual Rp 30.000, jadi totalnya Rp 90.000 (belum termasuk ongkos kirim) πŸ™‚

      Reply
  24. anoraga says:

    saya tertarik untuk mencoba ….
    tapi karena saya penderita DM (Diabet) apa minuman ini boleh dikonsumsi oleh kami, mengingat ada unsur fermentasi dan gula dalam minuman ini.

    kalau kami ingin membeli yang terkecil nantinya yang kami terima dalam bentuk bagaimana, sudah dalam rendaman air teh bergula, atau bahan bakunya saja (Scoby Kombucha).

    untuk kami yg bertemat tinggal di Surabaya, berapa besar biaya yang harus kami transfer dan berapa lama waktu pengirimannya.

    atas perhatiaannya disampaikan terima kasih.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pak / Bu Anoraga,

      Teh Kombucha BISA diminum dan baik untuk penderita DM (Diabetes Melitus), tapi ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan sewaktu pembuatannya:
      1. Menggunakan gula yang lebih sedikit dibandingkan kadar normal, dan / atau..
      2. Membiarkan masa fermentasi lebih lama dari biasanya (sekitar 2 minggu) sehingga kandungan gula sudah lebih banyak dikonsumsi oleh Ragi

      Point 1-2 menghasilkan rasa yang sama: lebih asam daripada hasil yang normal.

      Paket yang kami kirim nantinya adalah SCOBY Kombucha yang sudah direndam dalam air Teh Kombucha yang sudah menjadi Cuka (Saya memfermentasinya lebih dari 4 bulan), sehingga sama sekali tidak ada rasa manisnya.
      Ongkos kirim ke Surabaya Rp 11.000 menggunakan kurir Wahana, masa pengiriman 2-3 hari.
      Total biaya Rp 71.000 melalui Transfer BCA ke #7840023235 an/ Arsenius Sutandio
      Mohon informasikan bukti pembayarannya via SMS ke 087823451768.
      Terima kasih atas ordernya πŸ™‚

      Reply
  25. ervan says:

    selamat sore pa arsenius,

    barang sudah diterima sesuai dengan pesanan. thx pa, jika nanti ada masalah bisa saya minta pencerahaan dari bapak. terima kasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Sore Pak Ervan,
      Sip, terima kasih atas informasinya.
      Kalau perlu pencerahan, jangan sungkan tanyakan. Nggak ada istilah mendung.. semuanya cerah di Indokombucha! πŸ˜€

      Reply
  26. ervan says:

    malam pa arsenius

    minta penjelasan nih pa, bagaimana dengan teh yang sudah didiamkan / didinginkan selama +/- semalam dengan tertutup rapat, lalu baru dimasukan kombuchanya, apakah kombucha tsb akan mati, dan ciri2nya kalau dia mati seperti apa, mhn penjelasannya, terima kasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Malam pak Ervan..
      Sebenarnya teh manis ini jangan dibiarkan semalaman, cukup beberapa lama sampai setidaknya hangat2 kuku. Barulah kemudian masukkan air starter & scoby-nya. Kalau dibiarkan semalaman takutnya air teh keburu basi. Tolong cek dulu cara pembuatan teh kombuchanya pak. Sudah saya email beberapa hari yang lalu.

      Reply
  27. [email protected] says:

    Saya di babatan wiyung Surabaya, bisa tlg alamatnya, saya mau beli juga. “salam.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Saya posisi di Bandung pak. Paket Kombuha bisa saya kirim via JNE atau Wahana. Utk komunikasi cepat bisa kontak saya di 087823451768.
      Terima kasih

      Reply
  28. pam says:

    untuk wilayah kabupaten pekalongan jawa tengah ongkir nya berapa?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo..
      Ke pekalongan ongkirnya 7000 / kg.
      untuk ukuran M 1kilo bisa masuk 3bh.
      Perlu berapa buah kombuchanya?
      πŸ™‚

      Reply
  29. YOVIE says:

    Toksisitas Kombucha
    Selama satu dasawarsa terakhir, berbagai laporan toksisitas dihubungkan dengan meminum teh Kombucha telah dilaporkan, termasuk yang berikut ini:
    β€’ tingkat keasaman darah yang berat
    β€’ kerusakan hati
    β€’ kerusakan otot
    β€’ kesulitan bernapas
    β€’ perdarahan dalam yang mengakibatkan kematian
    Dokter pemuda itu menyatakan beberapa peringatan sebagai berikut:
    β€œTeh Kombucha mungkin menimbulkan risiko kesehatan yang berat, khususnya pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.” Walaupun dokter tidak menyebutkan kelompok tertentu dari orang dengan sistem kekebalan yang lemah, keadaan atau perilaku berikut ini dihubungkan dengan sistem kekebalan yang melemah:
    β€’ penyalahgunaan alkohol
    β€’ penyakit otoimun (penyakit Krohn, lupus, artritis rematik)
    β€’ sangat muda (misalnya bayi)
    β€’ berusia 65 tahun atau lebih tua
    β€’ kanker
    β€’ penyakit kardiovaskular (serangan jantung atau strok)
    β€’ diabetes
    β€’ infeksi HIV
    β€’ penyakit ginjal
    β€’ penyakit paru
    β€’ penggunaan narkoba
    Begitu juga, Dr. Edzard Ernst, pakar terapi penunjang dan alternatif di Eropa, menilai data tentang kemungkinan manfaat dan risiko yang terkait dengan teh Kombucha. Dia mengingatkan bahwa tidak cukup bukti yang mendukung penggunaannya.
    Ringkasan: Kombucha caution

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Mas Yovie,
      Terima kasih atas artikel kopasnya..

      Memang pada dasarnya, sebaik apapun obat di dunia ini, belum tentu obat tersebut cocok dikonsumsi oleh semua orang. Mungkin sebuah obat cocok bagi 10 juta orang, tapi bisa saja tidak cocok untuk 1-2 orang. Itu suatu hal yang wajar, mengingat kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. (Bahkan.. jangankan obat, makanan pun seperti: Telur ayam – belum tentu semua orang cocok mengkonsumsinya lho..)

      Artikel yang sudah saya tulis ini saya tujukan bagi 10 juta orang/lebih – yang cocok / ingin mencoba Teh Kombucha. Kalau hanya fokus kepada 1-2 orang yang tidak cocok.. ya kasihan donk yang 10 juta nggak kebagian informasi bagaimana hebatnya Teh Kombucha πŸ™‚ . Saya pikir semua produk di dunia ini juga memikirkan hal sama.

      Namun demikian, saya sendiri sudah menaruh sebuah artikel yang ditujukan kepada 1-2 orang ini. Anda bisa melihatnya pada halaman utama, Tab yang berjudul “Important“. Artikel ini berjudul “Siapa saja yang tidak boleh minum Teh Kombucha?“. Pada intinya, setiap orang yang belum pernah mencoba Teh Kombucha, setiap orang yang sedang dalam masa perawatan / masa pengobatan, sebaiknya mengkonsultasikan dulu ke dokter.

      Semoga penjelasan ini bisa menyamakan persepsi Mas Yovie πŸ™‚

      Reply
  30. slamet says:

    pak saya mau beli bibit yang ukuran 10 cm ,berapa harga dan ongkos kirimnya karena sy ada di jakarta jl.cideng timur 56 jakarta

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo pak Slamet,
      Harga bibit kombucha yang 10cm Rp 60.000.
      Ongkos kirim ke Jakarta Rp 8000 via JNE. Totalnya jad Rp 68.000
      Kalau Bapak berminat, kebetulan pada saat sekarang saya nulis ini, saya mau berangkat kirim paket ke Jakarta juga.
      Kalau Bapak bisa langsung transfer ke BCA #7840023235 an/ Arsenius Sutandio, paketnya langsung saya kirim hari ini juga. πŸ™‚
      Kalau sudah ditransfer tolong informasikan via SMS ke 087823451768
      Thanks

      Reply
  31. eko prasetyo says:

    Menurut facebook indo kombucha beralamat di bandung ya pak? jika iya kebetulan saya dlm waktu dekat ini akan ke bandung. bisakah bpk beritahukan alamatnya kepada saya agar bisa saya ambil sendiri kombucha-nya (maksudnya biar menghemat ongkos kirim pak :d)

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Betul Pak Eko, saya di Bandung.
      Saya kirim via japri aja ya pak. Thanks

      Reply
  32. Pungky KP says:

    Rumah saya di Jl. Sekelimus, Buag Batu, Bandung. Saya tertarik ingin mencoba KT. Kalo boleh kasih sy alamat anda sehingga sya bisa lgs ke lokasi anda, sambil beli dan berdiskusi sedikit. Alamat itu bisa juga anda sms ke saya di 081319779911.
    Atur nuhun (Pungky)

    Reply
  33. Syahrul Johandi says:

    saya mau beli, saya di Malaysia. saya bersedia bayar ongkirnya…mohon balas email dari saya.

    Terima Kasih.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pak Johandi, terima kasih atas ordernya πŸ™‚
      Saya akan kontak Bapak via email.

      Reply
  34. riki says:

    maaf Pa.. boleh saya minta alamatnya, kebetulan saya tinggal di bandung mau langsung beli ke rumah Pa arsen aja.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Saya kirim via japri aja ya.. Please check email. Thanks πŸ™‚

      Reply
  35. heryanto says:

    malam pak Arsen,..

    berdasarkan artikel bapak dikatakan kalau membuat tea kombucha selain jamur nya juga dibutuhkan biang berupa cairan tea juga.

    apakah biang tea itu memungkinkan dikirim keluar pulau pak? karna tiki maupun jne dan yg sejenisnya gak menerima paket dalam bentuk air.

    terima kasih
    salam
    heryanto
    kalimantan barat

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Malam Pak Heryanto,

      Kami siap mengirimkan biang Kombucha sampai ke pintu rumah Bapak πŸ™‚ !
      Dengan adanya perbaikan dalam sistem packing kami, paket Kombucha kini lebih aman dikirim ke seluruh Nusantara. Kami sudah mengirimkan biang Kombucha selama hampir 3 tahun dari Aceh sampai Papua dan hampir dikatakan tidak ada masalah menggunakan JNE.

      Yang kami perlukan adalah informasi jumlah biang yang Bapak perlukan dan alamat lengkap beserta kecamatan & kodepos untuk menentukan besarnya ongkos kirim.
      Total Kombucha dan Ongkos kirim silahkan ditransfer ke rekening BCA #7840023235 an/ Arsenius Sutandio
      Bukti transfer mohon di SMS ke 087823451768. Setelah pembayaran masuk, kami akan segera mengirimkan paket ke alamat Bapak.

      Demikian informasi dan prosedur pemesanannya. Kami tunggu ordernya pak πŸ™‚
      Terima kasih..

      Reply
  36. apriandi says:

    saya sangat tertarik dengan jamur kombucha,….
    bagaimana saya untuk dapat berbudi daya jamur tersebut…?
    apakah saya dapat membeli bibitnya pak…?
    bagaimana cara pengolahannya…?
    apakah hanya bisa di konsumsi untuk teh….?
    terima kasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Selamat malam Pak Apriandi,
      Terima kasih atas kunjungannya ke Indokombucha.wordpress.com
      Kami bisa menyediakan Bibit Kombucha dan mengirimkannya ke seluruh Nusantara.
      Cara pemesanannya mudah saja pak.. Total Kombucha + Ongkos kirim dibayarkan dengan cara transfer ke Rekening BCA no. 7840023235 an/ Arsenius Sutandio. Setelah pembayaran diterima, paket segera kami kirim ke alamat rumah Anda.
      Kombucha bisa dipakai bukan hanya di air teh saja. Air Kopi, air kelapa, atau juice pun bisa.

      Terima kasih atas ordernya πŸ˜‰

      Reply
  37. Benedictus Agung says:

    Selamat Pagi,

    Saya berniat membeli 1 buah ukuran M, berap ongkos kirimnya untuk daerah cibinong . terimakasih

    Bene

    Reply
  38. David Pande says:

    Selamat sore pak Arsen, saya David dari Jogja
    Saya mau bertanya sedikit nih pak, jamur Kombucha itu jamur dipo kah pak? kalu iya bisa tidak mengobati rematik/ sakit pada lutut(seperti lutut otot lutut tegang) ?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak David, maaf terlambat mereply..
      Betul pak, Jamur Kombucha kalau di Jawa Tengah dan Jawa Timur lebih dikenal dengan sebutan Jamur Dipo.
      Jamur dipo bisa dipakai untuk mengobati rematik / sakit pada lutut pak.
      Silahkan dicoba πŸ™‚

      Reply
  39. David Pande says:

    kalau beli itu hitungan nya seberapa ya pak? (berapa puluh ribu dapet berapa) hehe

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Harganya 1 buah rp 60.000 pak (belum termasuk ongkos kirim). Bapak bisa cek besarnya ongkos kirim di http://www.jne.co.id/
      Posisi saya di Bandung

      Reply
  40. aria says:

    kalo ke denpasar pake jne oke bisa gak.. mo tanya kalo tempat plastik/melamin boleh gak..tutupnya rapat bisa gak apa pengaruhnya kalo ditutup rapat..trims..

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak Aria,

      Kami bisa kirim ke Denpasar Bali pak, besarnya ongkos kirim adalah sebagai berikut (berangkat dari Bandung):
      YES Dokumen/Paket Rp. 21,000.00
      OKE Dokumen/Paket Rp. 11,000.00
      REG Dokumen/Paket Rp. 15,000.00

      Fermentasi paling baik memakai wadah kaca pak. Tapi kalau tidak ada, wadah plastik bisa digunakan tapi dengan syarat: plastiknya harus Food Grade! Dan sebaiknya tutupnya jangan ditutup rapat, karena akan menghambat pertumbuhan Baby Scoby. Oleh karena itu sebaiknya tutup dengan kain saja dan ikat dengan karet gelang supaya tidak dimasuki lalat buah / semut.

      Semoga informasinya bermanfaat.. dan ditunggu ordernya πŸ™‚

      Reply
      • Aria says:

        Thanks infonya, dulu saya pernah buat, saya perhatikan tutupnya itu berair seperti ada uap air yg keluar ato itu lg proses fermentasi ya.. Kalo ditutup kain apa gak basah kainnya..

        Ada rekening mandiri gak pak

        Reply
        • Indo Kombucha says:

          Memang betul pak.. uap pada tutup wadah itu terjadi karena adanya penguapan. Itu normal pak.. Kalau nanti diganti dengan kain, kain nggak akan jadi basah/lembab karena akan selalu kering terkena udara.
          Nomor Mandiri: 132-00-10627256 an/ Evline Tanai

          Reply
  41. David Pande says:

    selamat sore pak arsen, maaf baru berkunjung kesini..
    oiya kalau kirim ke jogja masuk yang YES OKE atau REG pak? lalu pembayaran ke rek apa?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Selamat Sore Pak David,
      Terima kasih atas kunjungannya πŸ™‚
      Untuk pengiriman ke Jogja via JNE terdapat 3 pilihan; Berikut pilihannya (berangkat dari Bandung)
      YES Dokumen/Paket Rp. 17,000.00
      OKE Dokumen/Paket Rp. 10,000.00
      REG Dokumen/Paket Rp. 12,000.00

      Pembayaran bisa dilakukan via transfer BCA ke nomor 7840023235 an/ Arsenius Sutandio.
      Saya tunggu ordernya pak πŸ™‚

      Reply
  42. Probiotics and Weight Loss says:

    Aneh aku tertarik dengan kombucha setelah buat blog aku tentang probiotics, dimana kombucha juga termasuk probiotics foods. Pengen merasakan khasiatnya secara langsung untuk kesehatan aku. Lebih diperkuat dengan lihat-lihat testimoninya.
    Aku sudah email ya Pak Arsen. Semoga ditanggapi.. Terima kasih.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak Triono,
      Emailnya sudah saya balas ya pak.. dan paketnya pun sudah disiapkan πŸ™‚
      Blog Bapak apa ya? Mungkin kita bisa tukeran link.. πŸ˜‰
      Terima kasih..

      Reply
  43. Husna Fatima Eprilian says:

    Selamat siang pa.
    Pa saya mau pesan satu. Alamat saya di daerah perbatasan sumedang-bandung. Saya sangat membutuhkan bibit kombucha untuk praktik bioteknologi di sekolah. untuk paket kilat kira2 berapa ongkos kirimnya ya pa?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Mba Fatima,
      Saya ready stock dan siap dikirim kapan saja!
      Untuk ke Sumedang memakai JNE YES ongkos kirimnya 10.500. Cuma karena sekarang hari Minggu sore, baru bisa dikirim besok pagi dan lusa (selasa) sampai. Kecuali Mba mau ambil ke rumah saya. Gimana?

      Reply
  44. rara says:

    pak, saya mau tanya… cara pembuatan teh kombucha itu dengan menambahkan starter kombucha (air hasil fermentasi) dengan jamurnya (yang berbentuk nata)??? saya masih bingung pak T.T … terus klo kita punya kultur kombucha utuh seperti gambar diatas.. untuk buat teh kombucha lg, kulturnya boleh dipotong2 gak pak??? apa harus utuh sperti itu???
    tolong dijawab ya pak… oya,,, bapak masih menjual jamur kombucha kan??? terima kasih…
    ke email saya juga boleh
    [email protected]

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Mba Rara,
      Iya betul sekali. Singkatnya:
      1. Buat teh manis & tunggu sampai hangat2 kuku / suhu ruangan
      2. Masukkan air kombucha yang sudah jadi cuka (disebut air starter/air biang) kedalamnya, dan
      3. Kombucha (yang berbentuk nata) juga dimasukan
      4. Tutup mulut wadah dengan kain & ikat dengan karet gelang
      5. Tunggu minimal 1 minggu; jangan sampai tergoyang2

      SCOBY (Kultur Kombucha) boleh dipotong2 koq.
      Saya masih jual scoby kombuchanya koq.. tenang saja.. Perlu berapa banyak?
      Ditunggu ordernya ya.. πŸ™‚

      Reply
  45. selvia says:

    pak mau tanya, bagaimana cara pemeliharaan kombucha? katanya bisa mati? gimana caranya supaya berkembang?

    Reply
  46. Pipiet WP says:

    pak Arsen, saya mau beli 3 buah kombuchanya yg ukuran M ….bukti transfer besok saya kirim via email…thank u..

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Terima kasih atas ordernya Mbak Pipiet,

      Mohon disertakan juga alamat lengkap beserta kecamatan dan kodepos. Untuk komunikasi lebih cepat, Mba bisa kontak/SMS/Whatsapp saya di 087823451768 πŸ™‚

      Reply
  47. ismail says:

    Thanks Infonya Indo kombucha tapi yg perlu saya tanyakan, apakah jamur tersebut hasil cintaan manusia atau emang dari yg Maha Kuasa, satu lagi apakah permentasinya bisa dari air hujan lansung tanpa ada gula dan tea bisa hidup.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak Ismail..
      Sebenarnya ini juga adalah pertanyaan saya yang belum terjawab: Darimana sebenarnya benda yang disebut dengan ‘Kombucha’ ini, apakah hasil proses tertentu sehingga menghasilkan sebuah Kultur bernama kombucha, atau Tuhan yang menciptakannya dan kemudian ‘ditemukan’ oleh manusia lebih dari 2000 tahun yang lalu. Saya mencarinya di internet tapi belum menemukan jawabannya. Malah ada situs di luar negeri yang bilang ini adalah kultur dari mahluk luar angkasa / alien, hehehe….
      Kalau saya sudah menemukan jawabannya, akan saya posting disini πŸ™‚

      Reply
  48. citra says:

    apa kah teh kombucha bisa di buat dengan air hujan?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo mba citra,
      Pada dasarnya kombucha itu hidup di media cair. Selama ada gula untuk dikonsumsi oleh ragi, dia bisa bertahan hidup. Masalahnya adalah apakah media lebih cepat rusaknya dibanding kecepatan fermentasi yang selama 7 hari? Misalkan: susu… susu mungkin tidak bisa bertahan selama 7 hari, karena keburu basi sebelum proses fermentasinya selesai.
      Yang perlu diperhatikan juga adalah, apakah air hujan ini bersih atau tidak? Mungkin yang membedakan air hujan dengan air tanah adalah DH (Degrees of Hardness) yang lebih rendah dibanding dengan air tanah. PH tergantung dari curah hujan. Apabila menampung air hujan dari pertama kali musim hujan, biasanya lebih asam dibanding menampung setelah – misalkan 7 hari hujan.
      CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)… πŸ™‚

      Reply
  49. Garst TV says:

    Salam Sehat….

    http://kkcdn-static.kaskus.us/images/2012/05/18/2291568_20120518041536.jpg

    Halo Mas Arsen, kombucha yg saya pesan sudah saya terima dan tepat waktu… ternyata saya di kirimkan yg lebih tebal. πŸ™‚ Makasih banyak ya mas…

    dan terima kasih tips dan triknya selama ini… saya selalu mendapatkan solusi yg tepat dari Mas Arsen….

    Sekali lagi Terima Kasih Mas….

    Salam
    Adi

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Mas Adi di Bali

      Terima kasih atas testimoninya πŸ™‚
      Senang bisa bantu, dan semoga lebih banyak orang lebih bisa merasakan manfaat dari Teh Kombucha.
      Mohon bantuan untuk menyebarkan informasi sehat Teh Kombucha. Bukan bermaksud agar lebih laku jualannya, tapi lebih ke sisi sosial.. Saya ingin agar masyarakat mengetahui bahwa untuk menjaga kesehatan / menjadi sehat sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah, enak dan murah πŸ™‚

      Salam Sehat Kombucha!

      Reply
  50. Benedictus Agung says:

    Siang Mas,

    Saya sudah berhasil untuk membuata teh kombucha dan mengembangbiakkan scoby-nya, saya mau tanya hasil panen yang saya simpan kenapa selalu muncul endapan ya? (seperti scoby tipis kecil2) apakah bisa dihilangkan dan bagaimana cara menjaga supaya hasil panen yang saya simpan tetap bersih tidak ada endapan yang muncul.
    Apakah hasil panen bisa saya perjual-belikan? dan berapa harga yang pantas untuk tiap liternya? Tx

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pa Benedictus,
      Endapan memang selalu bisa muncul karena kandungan air berbeda-beda. Istilahnya adalah TDS (Total Diluted Sediment) atau angka nilai endapan. Semakin kecil angkanya, maka semakin sedikit endapannya. Untuk nilai TDS yang paling kecil sejauh yang saya tahu adalah menggunakan filter RO (Reverse Osmosis). Sedangkan kalau menggunakan filter biasa (karbon aktif), air ledeng yang dipanaskan dll, biasanya nilai TDSnya tinggi.
      Itu yang pertama.. Yang kedua adalah muncul seperti kapas tipis. Itu sebenarnya adalah ragi. Kemunculan ragi ini tidak dapat dicegah karena teh Kombucha adalah minuman yang ‘hidup’. Kecuali Bapak mempasteurisasinya, yaitu memanaskan Teh Kombucha sampai bakterinya mati. Tapi cara sangat tidak disarankan, karena seluruh bakteri, vitamin B, C dan asam2 akan rusak. Jadi dengan kata lain Teh Kombucha ini tidak ada manfaatnya sama sekali.
      Untuk memperjual-belikan, saya tidak akan melarang/menghambat bisnis yang akan Bapak buat, silahkan saja.. Saya senang bisa membantu dan menjadi berkat bagi orang banyak πŸ™‚
      Harga pun berbeda-beda pak.. saya jual ukuran 330ml di Bandung Rp 7.000-7.500, teman saya menjual di Gresik Rp 10.000 orang tidak ada yang menawar. Mungkin lebih ke daya beli dan cuaca. Kalau cuaca memang panas, minum teh Kombucha yang begitu menyegarkan & juga menyehatkan, saya rasa memang Rp 10.000 tidak masalah.. Silahkan Bapak lakukan studi lapangan untuk daya beli di daerah Bapak πŸ™‚
      Semoga sukses Pak πŸ™‚

      Reply
  51. casiogalleria says:

    paket kiriman sudah saya terima dengan keadaan baik dan lengkap serta cepat…! kemarin saya baru order hari ini sudah sampai… terima kasih banget.
    maju terus indo kombucha raih sukses, sehatkan masyarakat indonesia…

    salam sehat G B U…

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Terima kasih atas testimoninya πŸ™‚
      Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekeluarga
      Salam Sehat Kombucha!
      God Bless!

      Reply
  52. Bonar says:

    Pak Bonar, Bekasi
    Saya mau tanya pak Arsensius, air apakah yang kita gunakan untuk teh kombucha, apa boleh air ledeng atau harus air mineral pak? Trims untuk infonya Gbu.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak Bonar di Bekasi,

      Sebenarnya air yang digunakan boleh air ledeng, air tanah, air mineral, air suling dsb, asalkan semua sumber itu bersih. Yang nanti membedakan nantinya adalah sedimentasi / endapan yang akan dihasilkan setelah diendapkan dalam kurun waktu tertentu. Istilah ilmiahnya adalah TDS (Total Dissolved Solids).
      Demikian informasinya pak.. selamat mencoba, God Bless πŸ™‚

      Reply
  53. eva says:

    halo mas arsen
    saya eva dari cianjur tertarik mau coba buat teh kombucha
    saya mau pesan satu,,bagaimana prosedur pemesanannya y,,,
    berapa uang yg hrs d transfer,alamat saya d jl.siliwangi no.48 joglo cianjur
    terimakasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Ibu Eva,
      Untuk pemesanan 1 buah Kombucha ukuran M (diameter 10cm) dengan pengiriman JNE REG, totalnya adalah Rp 70.000
      Pembayaran dapat ditranfer via rekening BCA ke nomor 7840023235 an/ Arsenius Sutandio.
      Setelah transfer diterima, paket akan langsung dikirim ke alamat Anda.

      Terima kasih, ditunggu tranfernya πŸ™‚

      Reply
  54. eva says:

    mas arsen paketnya sudah saya terima. terima kasih

    Reply
  55. Donna Loretta says:

    Apa bedanya teh kombucha & jamur kombucha?
    Untuk penderita canker stadium 4 bagaimana cara minumnya ya?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo ibu Donna Loretta,
      Mohon maaf atas keterlambatan dlm menjawab pertanyaan ibu. Saya coba jawab ya..
      ‘Jamur Kombucha’ adalah kultur berbentuk Gel. Sebenarnya ini bukan jamur, tapi koloni dari Bakteri dan Ragi yg hidup bersama, disebut jg istilah SCOBY, singkatan dari Symbiotic Culture Of Bacteria & Yeast. Nah, tugas dari Jamur Kombucha ini adalah memfermentasi Teh Manis selama minimal 7 hari. Hasil fermentasinya disebut ‘Teh Kombucha’. Teh Kombucha inilah yang kita konsumsi untuk kesehatan.

      Kalau untuk cancer, Teh Kombucha bisa dipakai sebagai terapi supportif dan dikonsumsi 2 kali @300cc per hari.

      Semoga penjelasannya mudah dimengerti, dan semoga cepat sembuh! πŸ™‚

      Reply
  56. dana says:

    pak arsen, udah transfer yah ke bca, plus udah email ke [email protected] itu.

    hp keypad error nih, kirim hari ini ya dengan JNE YES ke jkt

    tq pak arsen πŸ˜€

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Oke, terima kasih atas ordernya.. πŸ™‚

      Reply
  57. irino says:

    Pak… kalau ke Pontianak ongkos kirimnya berapa ? saya mau coba pesan Ukuran M: diameter 10 cm, harga Rp 60.000 / jamur…. trims

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak/Bu Irino.
      Ongkir ke Pontianak Rp 20.000 / 1kg
      Untuk 1kg bisa masuk 3bh jamur kombucha.
      Perlu berapa banyak Pak/Bu?
      Silahkan kontak saya di 0878 2345 1768 untuk komunikasi lebih cepat.
      Terima kasih atas ordernya πŸ™‚

      Reply
  58. eko says:

    Dear pak Arsen,

    wah saya baru baca baca blog bapak setelah hari sabtu kemarin membeli bibit kombucha di pameran tanaman lapangan banteng. Apakah itu dari indokombucha ? soalnya harganya cukup mahal,100ribu untuk ukuran sekitar 6cm ketebalan kurang 1cm.

    Kemarin 2 hari lalu diajarkan menggunakan botol kaca yang ditutup rapat (dengan tutup toples) tapi baca disini ternyata menggunakan sapu tangan yang masih memungkinkan udara masuk. apakah kalau sudah terlanjur ditutup rapat hasilnya jelek ?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak Eko.
      Indokombucha belum membuka cabang pak. Di lapangan Banteng itu adalah produk orang lain.

      Sebenarnya bisa saja menutup rapat wadah fermentasi, tapi menurut pengamatan saya, teh hasil fermentasinya akan mengandung alkohol yang lebih banyak. Saya tidak merekomendasikan proses fermentasi dengan menutup rapat karena kendala alkohol ini.
      Selain itu, jika prosesnya ditutup rapat, baby kombuchanya tidak tumbuh dengan baik, dalam arti kata: tumbuhnya tidak mengeras; kalau digosok oleh tangan, banyak bagiannya yang lepas seperti rapuh. Baby Scoby yang baik ketika kita ambil, kulturnya kaku dan alot.

      Demikian penjelasan dari saya pak, semoga dapat berguna πŸ™‚

      Reply
      • eko says:

        Terimakasih pak Arsen atas penjelasanya walaupun saya bukan beli disini πŸ™‚
        Nanti kalau ada temen2 yang cari bibit nya saya suruh kunjungi blog ini.

        Reply
        • Indo Kombucha says:

          Terima kasih pak atas rekomendasinya.
          Memang dalam bulan-bulan terakhir ini saya mendapatkan informasi dari beberapa orang bahwa banyak yang menjual Kombucha tidak disertai dengan penjelasan yang benar sehingga informasinya menjadi simpang siur. Dalam hal ini sudah tugas saya untuk berusaha mengedukasi masyarakat dengan informasi yang jelas dan mendetail, sehingga mereka dapat membuat sendiri Teh Kombucha di rumahnya dengan baik dan benar.
          Mudah-mudahan apa yang saya upayakan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia πŸ™‚
          Mohon bantuan doa dan dukungannya πŸ™‚ (kayak Kombucha Idol aja minta dukungan, hehehe…)

          Reply
  59. mathius says:

    Pak Arsen

    terimakasih karena blog anda saya jadi tahu tentang KT,dan saya jadi semangat lagi utk cari informasi sebanyak banyaknya tentang Kombucha,sebelum memutuskan untuk order ke bapak. πŸ˜€
    yng menjadikan saya masih bingung(mungkin karena saya belum nemu artikelnya) yang di maksud dengan starter itu apa?? dan hotel kombucha itu apa??misalkan saya order 1 scoby ukuran M, apakah kemudian saya bisa mengembangkan starter sendiri dan membuat kombucha hotel?? di petunjuk manualnya ada tidak teknik pembuatan dan perawatanya?? terima kasih
    salam
    Mathius
    nb: lokasi saya di denpasar bali.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pak Mathius,
      Maaf baru sempat jawab sekarang, malah Bapak mendahului saya kontak saya via Whatsapp πŸ™‚
      Saya coba jelaskan lebih detail disini.
      1. Starter Kombucha disebut juga sebagai biang Kombucha adalah media awal berfungsi untuk memfermentasi teh manis.
      2. Hotel Kombucha adalah kumpulan dari baby kombucha yang ditempatkan dalam sebuah wadah. Selama Bapak memfermentasi, pasti Bapak akan mempunyai baby-baby kombucha yang baru dan semakin lama semakin banyak. Baby Kombucha ini bisa dijadikan cadangan kalau-kalau suatu kali fermentasi bapak gagal karena terkena mold / jamur. Nah, Baby Kombucha tersebut dikumpulkan dalam sebuah wadah. Wadah ini kami sebut sebagai “Hotel Kombucha”. Cara merawat Baby Kombucha ini bisa Bapak pelajari dalam artikel yang berjudul “Cara merawat jamur Kombucha”
      3. Kami akan mengirimkan cara membuat Teh Kombucha via email pak. Dan kalau masih ada yang belum dimengerti, silahkan kontak saya via Blog/Facebook/Whatsapp/SMS/Telp saya di 0878 2345 1768.

      Reply
  60. Vita says:

    Selamat pagi pak Arsen,
    setelah saya membaca mengenai kombucha, saya tertarik untuk mencoba membuatnya, saya mau coba beli bibit yang 10 cm dulu.
    Alamat saya di JL.Raya Lembang no.222 Komplek BBPPK no.181, Lembang-Bandung 40391
    Kira-kira berapa uang yg harus saya transfer ke bapak? terima kasih

    Reply
  61. mathius says:

    Selamat siang Pak Arsen,
    Paket Scoby combucha sudah saya terima dalam kondisi bagus pak.
    salam
    mathius

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Selamat Siang pak Matheus..
      Terima kasih atas informasinya. Kalau ada pertanyaan seputar Kombucha, jangan sungkan ditanyakan via Blog/Facebook/Whatsapp/SMS di 0878 2345 1768 πŸ™‚

      Reply
  62. mathius says:

    Selamat siang Pak Arsen
    saya baru saja transfer 80rb ke rek BCA bapak,klo yang ini pesenan teman kantor saya, tolong dikirim ke alamat saya saja pak, saja juga sudah kontak Pak Arsen via whatsup tp sepertinya belum masuk,
    salam
    mathius

    nb: ditunggu paketnya pak πŸ˜€

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Baik pak Mathius, saya siapkan & saya kirim hari ini. Terima kasih atas ordernya πŸ™‚

      Reply
  63. mathius says:

    Paketnya baru saja sampai pak Arsen, Rekomended seller πŸ˜€ thumb up

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Thank you Gan! πŸ˜€
      (Kalo ada icon cendol, kayaknya saya dikasih cendol nih.. ;D )

      Reply
  64. makalah says:

    Thanks bro, informasinya berguna banget.
    Kapan-kapan saya akan mampir ke blog ini lagi. Ijin sedot yah… πŸ™‚

    Reply
  65. achmad yusuf says:

    Pak Arsen untuk kirim ke Malang berapa ya ? dulu saya pernah punya terus gak keurus kebuang dan sekarang minat lagi, saya ambil yang paling murah aja Pak biar irit he.. he.. he..

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pagi pak Achmad Yusuf,
      Ongkos kirim ke Malang dari Bandung pakai JNE adalah sebagai berikut:
      OKE Rp. 13.000 (4 hari – 1 minggu)
      REG Rp. 17.000 (2-3 hari)
      YES Rp. 23.000 (1 hari)
      Paling murah memang pakai yang OKE pak, tapi karena waktu pengirimannya lama, saya takut plastiknya akan menggembung keras sekali dan akhirnya pecah.. Apalagi selama diperjalanan, packaging-nya selalu tergoyang-goyang dan juga suhunya panas; Ini bisa membuat Teh Cukanya semakin bersoda!
      Kalau boleh saya beri usul, lebih baik pakai yang REG(uler), atau paling baik pakai yang YES (Yakin Esok Sampai) biar aman..

      Reply
  66. ajat says:

    saya mau pesan kombuca untuk dikirim ke ngawi jatim. berapa ongkirnya pak? oya no.hape bapak kok tidak bisa dihubungi?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo Pak Ajat,
      Ongkos kirim ke Ngawi via JNE REG Rp 19.000/kg, sekitar 3-4 hari sampai. 1 kg bisa muat sampai 3bh Jamur Kombucha.
      Nomor HP saya: 0878 2345 1768 pak.. Mungkin Bapak kontak ke nomor HP yang lama.
      Silahkan dicoba kembali pak πŸ™‚

      Reply
  67. suparno says:

    Selamat pagi pak Arsen,
    setelah saya membaca mengenai kombucha, saya tertarik untuk mencoba membuatnya, saya mau coba beli bibit yang 10 cm dulu (ukuran M) 1 pc saja
    alamat saya jln gunung indrakila gg III no 8 tegal kerta denpasar barat,bali
    berapa yg harus ditranfer.
    utk ukuran tesebut berapa liter air teh sebaiknya.
    terima kasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Selamat malam menjelang subuh pak πŸ™‚
      Kombucha ukuran M Rp 60.000, dan ongkos kirim ke Denpasar Bali Rp 21.000/kg via JNE YES, 1 hari sampai.
      Totalnya adalah Rp 81.000
      Bibit ukuran M ini untuk 2 liter pak. Kalau Bapak ingin membuat sekaligus banyak (7 liter), Bapak bisa mencoba yang ukuran L (diameter 25cm), harganya Rp 250.000.
      Pembayaran bisa ditransfer ke rekening BCA no. 7840023235 atau BNI no 0263732489 atas nama Arsenius Sutandio. Setelah transfer masuk, paket akan segera saya kirim ke alamat Bapak.
      Ditunggu transfernya pak πŸ™‚

      Reply
      • Indo Kombucha says:

        Silahkan kontak saya di 0878 2345 1768.

        Reply
  68. suparno says:

    malam Pak arsen

    saya sudah tranfer ke bca sebesar Rp.81.000,-
    utk pembelian kombucha M beserta ongkos kirim ke alamat
    jl.gunung indrakila GG III no 8 perumas monang maning
    tegal kerta denpasar barat bali (80119)
    no hp saya 087860866544
    minta bantuannya
    terima kasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Selamat sore Pak Suparno,
      Paket sudah dikirim kemarin, dan seharusnya hari ini atau paling tidak besok sampai ke alamat Bapak.
      Terima kasih atas ordernya pak.
      Kalau ada hal yang tidak jelas, jangan sungkan untuk bertanya πŸ™‚

      Reply
  69. aria fajar says:

    kiriman tgl 5 kemarin dah nyampe hr ini tadi saya lgs ambil di gudang jne juanda trimakasih pak.. kondisi baik masih utuh..

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Terima kasih atas informasinya pak Aria, semoga bermanfaat bagi Bapak dan keluarga πŸ™‚

      Reply
  70. Popy says:

    Pak Arsen,

    saya mau beli bibit kombucha, apakah harga pembelian tersebut sudah termasuk teh untuk starternya?

    Berapa lama untuk kirim ke Jakarta? dan Berapa ongkirnya?
    Tadi sy invite Bapak lewat What’s app blm di accept.
    Jika saya sudah transfer bagaimana cara memberi info ke Bapaknya?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo bu Popy, informasinya sudah sy jawab via SMS, tp gapapa sy jawab lagi disini:
      1. Ya betul, kalau beli di saya sudah termasuk jamur kombucha & Cuka Teh Kombucha; 2-2nya sbg starter.
      2. Whatsapp kayaknya lagi masalah krn ga ada informasi apa2 di hp saya..
      3. Kalau sudah transfer, informasikan saja via sms ke HP saya
      Terima kasih atas ordernya πŸ™‚

      Reply
  71. Iput says:

    Pak Arsen,
    Saya siswa yang sedang membuat makalah mengenai teh kombucha, saya mau nanya apa ada cabang indo kombucha di daerah lain selain di bandung? kalo di bali gimana? Terus ada manfaat teh kombucha yang paling menonjol dibandingkan teh yang lain gak?

    Reply
    • indokombucha says:

      Halo Iput,
      Indo Kombucha saat ini belum membuka cabang dimanapun, baru di Bandung saja.. Doakan saja supaya kami bisa membuka cabang di seluruh Indonesia πŸ™‚
      Namun demikian saat ini kita bisa mengirim produk Indo Kombucha sampai ke seluruh pelosok Nusantara dan juga ke Luar Negeri.
      Manfaat utama dari Teh Kombucha adalah Detox atau mengeluarkan racun dalam tubuh.
      List dari manfaat Teh Kombucha bisa Iput lihat disini:
      http://indokombucha.com//manfaat-teh-kombucha. Disana ada persentase dari tiap-tiap keluhan penyakit. Silahkan diperiksa.. πŸ™‚

      Reply
      • Iput says:

        trus pak, saya ada liat video bpk, botol yang pecah itu tmpt fermentasi scoby kombucha ya? kandungan apa aj sih yang ada di dlmnya, knp ad tekenan sebesar itu? maaf ni bnyk nanya, mklum br tau kombucha pak πŸ˜€

        Reply
        • indokombucha says:

          Halo Mba Iput,
          Tekanan Teh Kombucha memang bisa sampai sebesar itu! Saya mengikuti sebuah forum Kombucha di Amerika; Adminnya selalu bilang untuk selalu berhati-hati kalau simpan Kombucha di botol kaca karena bisa pecah, sampai pecahan kacanya tersebar ke seluruh ruangan! Awalnya saya kurang percaya, tapi setelah mengamati bahwa Teh Kombucha meman bisa memiliki soda yang kuat, saya sengaja membuatnya menjadi sangat kuat.. bahkan super kuat untuk membuktikan teori diatas. Dan akhirnya saya bisa mempercayainya πŸ™‚
          Botol itu hanya saya simpan cukup lama di suhu ruangan. Sebelum buka pun saya nggak kocok-kocok dulu botolnya supaya sodanya kencang; hanya saya diamkan saja.. Bahkan saya bawa botol ini dengan sangat hati-hati, takut meledak waktu memindahkannya! Ini sebenarnya botol yang kedua.. Botol yang pertama saya buka di dapur! Kebayang dong dapur saya jadinya kayak apa? hahaha… Makanya botol yang kedua ini sengaja saya filmkan supaya orang-orang bisa lebih berhati-hati menyimpan kombucha dalam botol kaca; Sebaiknya secara rutin 1 minggu sekali membuka tutup botol untuk membuang tekanan yang berlebih (Itu pun kalau memang berniat menyimpan dalam waktu yang lama).
          Jangan meniru perbuatan saya! Percuma membuat Teh Kombucha dengan soda yang sangat kuat! Kenapa? Karena bagaimana kita mau minum? Buka sedikit saja, sodanya itu akan mendorong air keluar terus menerus sampai air hanya tersisa 10%nya saja! Lebih baik yang biasa-biasa saja.. lebih nikmat koq πŸ™‚

          Reply
  72. Lusi says:

    pak arsen, saya ingin menanyakan tentang kadar gula pada pembuatan teh kombucha. Apakah ada pengaruhnya jika kadar gulanya berbeda-beda ? Jika memang begitu, kadar gula dr berapa % sampai berapa % agar teh kombucha tumbuh dengan baik ?

    Reply
    • indokombucha says:

      Bu Lusi,
      Kalau kita kebanyakan memberi gula, maka biasanya ragi akan berhenti memproses gula. Kalau istilah dalam pemrosesan beer, namanya “Carb Tree Effect” dimana ragi berhenti memakan gula karena memang kebanyakan. Istilah bahasa sundanya sih mungkin “giung” atau “belenek” πŸ™‚
      Pernah saya berbincang2 dengan seseorang yang diajari cara pembuatannya oleh orang lain, katanya gulanya adalah 25% dari jumlah air. Menurut saya sih itu terlalu banyak. Selain kadar alkohol akan meningkat, juga akan kurang baik untuk penderita diabetes. Kadar gula yang baik (menurut saya) adalah 9-10% dari total air. Jadi kalau Ibu membuat 1 liter/1000ml, gulanya hanya 100 gram.
      Silahkan dicoba πŸ™‚

      Reply
      • Lusi says:

        terimakasih pak infonya πŸ™‚

        Reply
  73. Lusi says:

    Pak Arsen, menurut bapak apa kelebihan dari teh hijau dibandingkan dengan teh lainnya untuk pembuatan teh kombucha? Teh hijau jenis apa yang sering bapak gunakan untuk pembuatan teh kombucha? Apakah teh hijau yang sering bapak gunakan dapat banyak didapatkan dengan mudah?

    Reply
    • indokombucha says:

      halo Mba Lusi,
      Teh hijau memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam dan teh Oolong. Teh yang biasa saya pakai adalah teh Hijau Jepang, yaitu teh Sencha. Terus terang Teh Sencha jarang ditemukan di pasar. Sengaja saya pilih teh Sencha, karena dari sisi rasa: baik untuk Kombucha, dan teh ini jarang di pasaran. Ini yang menjadi selling point dari produk Indo Kombucha πŸ™‚

      Reply
  74. Putu Nick says:

    saya mau pesan 1 yang ukuran M
    untuk wilayah ubud – gianyar – bali
    itu berapa ya ongkir nya ?
    pakai post indonesia ya, karena jne ndak sampai ke rumah saya.

    itu total yang harus di transfer berapa ?
    berapa lama sampai nya ?

    detail saya
    alamat : jl. Tirta Tawar, Br. Kutuh Kaja, No 7 – Ubud – Bali | 80571
    Nama : Putu Nick (Tunick)
    Hp : 0819 1616 2221 / 085 333 767671

    thx,
    Tunick

    Reply
    • indokombucha says:

      Halo Pak Putu,
      Kombucha ukuran M Rp 60.000; Ongkos kirim ke Gianyar Rp 18.000 via JNE REG, kalau pakai POS Rp 19.000; sampai sekitar 4 hari.
      Dengan Pos berarti totalnya Rp 79.000, ditransfer ke rekening BCA no. 7840023235 an/ Ars8enius Sutandio.
      Paket dikirim setelah transfer masuk.
      Silahkan kontak saya di 0878 2345 1768.

      Salam Sehat Kombucha!
      Arsenius S

      Reply
  75. Nita Jan says:

    Pak Arsen saya di Manado, apa bapak melayani konsumen dari Manado? kalo boleh tahu berapa biayanya. Terima kasih sebelumnya

    Salam Hormat

    Nita

    Reply
    • indokombucha says:

      Ibu Nita,
      Maaf baru sempat balas. Kami bisa kirim ke Manado, ongkos kirim via JNE REG 27.000/kg
      Kombucha ukuran M, diameter 10cm Rp 60.000
      Kombucha ukuran L, diameter 25cm Rp 250.000

      1kg bisa muat 3bh kombucha ukuran M atau 1bh Kombucha ukuran L.

      Total biaya bisa ditransfer ke rekening BCA no. 7840023235 an/ Arsenius Sutandio.
      Paket akan dikirim setelah transfer masuk.
      Demikian informasinya bu.. saya tunggu ordernya πŸ™‚

      Reply
  76. Lusi says:

    Pak Arsen saya mau pesan kombucha 1 buah ukuran M. Bisa dikirim ke alamat jl. tulang bawang no.17, RT/RW: 032/006, kel/desa: Imopuro, Metro Pusat, Metro-Lampung a.n Sastra Wijaya. Total biaya semuanya berapa yaa pak dan transfer ke rekening mana ? Terimakasih, ditunggu cepat balasannya.

    Reply
  77. test87nama says:

    mahal sekali disini

    Reply
    • indokombucha says:

      Halo Pa/Bu Test87nama,
      Terima kasih atas komentarnya.
      Memang untuk kata ‘Mahal’ itu relatif.. Saya kira dengan kualitas kultur, kualitas teh cuka, kualitas daun tehnya sendiri, dan konsultasi gratis seumur hidup, 60rb yg kecil / 250rb yg besar, itu termasuk murah.. πŸ™‚

      Reply
  78. bambang t says:

    selamat malam pak Arsen,
    mau nanya, sy sudah bikin teh kombucha hampir 3 bulan baru saya minum, apakah tidak terlalu lama? idealnya umur berapa hari …..sepertinya kurang gula jadi rasanya kecut sekali….
    terima kasih pencerahannya.

    Reply
    • indokombucha says:

      Selamat Sore Pak Bambang, maaf baru dibalas messagenya.
      Biasanya lama fermentasi yang normal adalah 7-14 hari saja. Biasanya setelah masa tersebut, rasanya akan terlalu asam untuk diminum.
      Kalau sudah 3 bulan, lebih baik disisihkan untuk dijadikan cadangan cuka teh kombucha. Selain itu cukanya ini bisa dipakai untuk cuka masakan, salad dressing, facial wajah dll.
      Semoga informasinya bermanfaat πŸ™‚

      Reply
  79. kembangcantigi says:

    Pak, saya ingin beli yg ukuran M ke jakarta 10310 jadinya dgn ongkir 68rb?
    terimakasih

    Reply
    • indokombucha says:

      Sore..
      Untuk pengiriman saya selalu merekomendasikan menggunakan yang kilat (YES) untuk mencegah terjadinya kebocoran. Ongkos kirim via YES ke Jakarta Rp 14.000/kg.
      1 kilogram bisa muat 4 buah kombucha M atau 1 buah Kombucha L.
      Silahkan SMS saya di 0878 2345 1768 agar komunikasinya lebih cepat.
      Terima kasih πŸ™‚

      Reply
      • DIAN MUTIARANI says:

        Sore Pak Arsen,

        Saya mau beli 1 buah yg ukuran M, untuk pembuatan pertama apakah bisa di pakai teh kombucha yg sudah di taruh di dalam botol plastik dan di simpan di dalam kulkas sebagai starternya? dan untuk ukuran yg M, berapa L teh yg dibutuhkan? Ongkir ke Jakarta Pusat berapa ya pak?

        Reply
        • indokombucha says:

          Selamat Sore Ibu Dian,
          Jangan kuatir bu, paket yang saya kirimkan sudah lengkap dengan air teh cuka kombuchanya, jadi Ibu tinggal mencampurnya dengan 2 liter teh manis saja; sedangkan untuk ukuran L, air teh manisnya 7 liter.
          Ongkos kirim ke Jakarta via JNE YES Rp 20.000, 1 hari sampai.
          Ditunggu ordernya bu πŸ˜€
          Silahkan kontak saya di 0878 2345 1768 agar komunikasinya bisa berjalan lebih cepat. Terima kasih πŸ™‚

          Reply
          • DIAN MUTIARANI says:

            Pak, Aq dah transfer ya via BCA. tlg di cek. Thanks.

  80. DIAN MUTIARANI says:

    Paket sudah sampai dengan selamat pak. Mudah2an berhasil dalam membuat teh kombucha-nya.

    Reply
    • indokombucha says:

      Terima kasih atas informasinya Bu.. semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menanyakannya πŸ™‚

      Reply
  81. Alfons says:

    Paket sudah sampai dari kemarin pak… saya ga abis pikir. dikira saya ukuranya itu ga sesuai, ternyata yang datang berukuran super 25cm.. wow… harga murah, pelayanan memuaskan… mantab Pak Arsen… senang bisnis dengan Anda πŸ™‚

    Reply
    • indokombucha says:

      Terima kasih pak Alfons atas testimoninya..
      Semoga bermanfaat πŸ™‚

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 087823451768 Invite Pin BBM kami : 58455738