Important

Important

Siapa Saja yang Tidak Boleh Minum Teh Kombucha?

Jika Anda belum pernah minum Kombucha sebelumnya, ada baiknya Anda mengkonsumsi Teh Kombucha dalam jumlah yang sedikit dahulu agar tubuh dapat membiasakan diri.

Jika Anda memiliki sejarah kesehatan yang kurang baik atau sedang dalam kesehatan yang kurang baik, maka Anda harus mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit lagi untuk mencobanya. Anda harus memperhatikan efek samping dari tubuh Anda dan mengenal bagaimana dengan kesehatan Anda sendiri, sehingga Anda dapat memutuskan berapa banyak dosis yang bisa Anda minum. Silakan berkonsultasi dengan praktisi kesehatan Anda jika Anda tidak yakin dosis dan jumlah teh yang akan diambil. Indo Kombucha hanya rekomendasikan bagi Anda yang sedang dalam keadaan sehat!

Kami sangat menyarankan untuk berhati-hati / tidak mengkonsumsi Kombucha dalam kondisi berikut:

1. Orang dengan fungsi hati yang parah. Teh Kombucha bisa dikatakan racun yang sangat kuat dan akan menarik racun dari tubuh Anda, kemudian melewati mereka melalui hati Anda dalam perjalanan keluar melalui feces. Jika hati Anda tidak berfungsi dengan baik, maka mungkin tidak bijaksana untuk mengkonsumsi Teh Kombucha.

2. Anak di bawah 6 tahun. Tubuh anak yang sedang berkembang tidak dapat menerima suplemen dan makanan orang dewasa. Kombucha ini sangat kuat dan harus berhati-hati jika diberikan pada balita. Teh Kombucha juga dapat mengganggu sistem perkembangan kekebalan tubuh bayi dalam beberapa cara.

3. Ibu hamil dan menyusui. Alasannya adalah sama seperti di atas. Gizi dari ibu akan masuk ke anak yang belum lahir dan atau bayi yang sedang disusui. Kombucha dapat merusak sistem perkembangan kekebalan tubuh bayi dalam beberapa cara. Hal ini terutama jika sang Ibu belum pernah mengkonsumsi Teh Kombucha sebelumnya. Oleh karena itu sebaiknya sang Ibu membiasakan diri dahulu mengkonsumsi Teh Kombucha jauh-jauh hari pada jika ingin tetap mengkonsumsi Teh Kombucha selama masa hamil.

4. Anak-anak. Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi dosis sebelum memberikannya pada anak Anda. Anda juga dapat mencampurnya dengan air, es teh atau jus buah yang sesuai.

5. Pecandu alkohol dalam pemulihan. Banyak pecandu alkohol berkata bahwa minum Kombucha sangat membantu selama periode pemulihan mereka. Bisa dikatakan bahwa Kombucha menghapus keinginan untuk mengkonsumsi alkohol. Namun demikian, Kombucha tetap saja mengandung sejumlah kecil alkohol, biasanya kurang dari 1% menurut volume. Setiap pecandu alkohol pasti tahu bahwa jumlah kecil alkohol dapat memiliki efek negatif pada mereka, jadi berhati-hatilah.

6. Penderita Diabetes. Penderita Diabetes disarankan minum teh kombucha hanya dengan kadar gula rendah atau dengan cara memperpanjang masa fermentasi. Meskipun sebagian besar glukosa diubah menjadi fruktosa dan komponen lain selama proses fermentasi, sebagian masih tetap sebagai gula dalam teh. Ingatlah ini ketika mempersiapkan diet Anda.

+++

Indo Kombucha menganjurkan agar Anda berbicara terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi teh kombucha.

Indo Kombucha tidak bertanggung jawab atas segala reaksi negatif yang terjadi pada tubuh Anda. Literatur yang ada disini adalah berdasarkan pengalaman / riset pribadi dan juga pengalaman orang lain dari berbagai situs web dari beberapa negara.

28 Responses

  1. dody says:

    Pak Arsen, apakah anak balita atau tepatnya anak saya umur 4 thn, bisa mengkonsumsi teh kombucha ? saya pernah tanyakan hal ini pada bapak lewat telp, tapi maaf bisa tolong diinfo lagi baik dan buruknya dan juga dosis tepatnya. terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Halo pak Dody..

      Menurut artikel yang saya baca, seorang balita boleh mulai mengkonsumsi Kombucha ketika dia bisa diberi madu. Dan kalau diperhatikan, susu balita yang mengandung madu sudah dimulai ketika dia berusia 1 tahun keatas.

      Anak saya pun sekarang berusia 4 tahun dan sudah saya beri kombucha, tapi yang tidak terlalu asam. Dan dia suka sekali 😀

      Beri sedikit saja dahulu pak, sekitar 1-2 sendok saja dan lihat efeknya. Jika perutnya kuat, keesokan harinya boleh diberi tambahan 1-2 sendok lagi. Jangan diberi Kombucha yang dingin, tapi yang bersuhu ruangan saja. Anak saya sekarang saya batasi sekitar 100ml atau kira-kira 1/2 gelas.

      Mudah-mudahan bisa membantu 🙂

      Reply
  2. dody says:

    Terima kasih pak Arsen, pertamanya sih anak saya kurang suka terus kami akalin dengan ditambah/dicampur air dan madu, tapi sekarang dia suka sekali bahkan sering dia ambil sendiri di kulkas (biasa saya simpan di kulkas pakai botol C1000) dan dia bisa minum habis 1 botol.
    Pak, apakah tidak ada efek sampimg atau bahaya jika anak saya sampai mengkonsumsi berlebihan….

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Nggak apa-apa pak.. Nggak ada efek sampingnya koq 🙂
      Cuma kalau anak-anak terlalu banyak minum air dingin, takutnya ntar kembung 🙂 hehe..

      Reply
  3. WAJIANTO says:

    salam pak arsen, apakah jamur kombucha boleh dipotong jadi 2, untuk dipisahkan menjadi 2 tempat?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Malam Pak Wajianto..

      Boleh pak.. Scoby Kombucha nggak akan mati walaupun di mutilasi 🙂
      Tapi yang pasti, jamurnya jangan dipotong sampai terlalu kecil.. juga air starternya jangan terlalu sedikit, setidaknya sediakan10% dari kapasitas air teh yang dibuat. Kalau terlalu sedikit, nanti air tehnya keburu basi sebelum sempat difermentasi..

      Reply
  4. didik says:

    Pagi pak,saya baru beberapa hari ini mengomsusi teh kombu…dan saya jg lg sakit..sakity komplek tp dari hasil penelitian dginjal saya ada endapan/batu,hati sama jantung rada trasa.saya sudah cek hati ama jntung negatif,fungsi normal tp rasa gak nyaman kdang terasa.keluhan2 itu katay dari batu diginjal..logikanya ginjal gak mampu untuk menyaring darah dgn baik jd efeky kemana2..yg saya mau tanyakan apakah saya boleh mengomsumsi teh ini.makasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pak Didik,

      Sudah ada testimoni bahwa penderita batu ginjal bisa disembuhkan oleh Teh Kombucha, tetapi memang perlu waktu. Batu ginjal khan terbentuk selama bertahun-tahun, dan proses ‘penggerusan’ oleh Kombucha pun sedikit demi sedikit. Mertua saya pun sama dengan Bapak: Batu ginjal & Jantungnya bengkak. Saat ini rutin beliau rutin mengkonsumsi Teh Kombucha dan juga dibantu dengan Kefir. Saat ini kondisinya semakin membaik, tapi memang batu ginjalnya belum sempat difoto lagi: sejauh mana efek pengecilannya. Tapi yang pasti setiap kali buang air kecil, air seninya keruh seperti berpasir.
      Semoga bermanfaat.. 🙂

      Reply
  5. alex says:

    Bagaimana kalau rasa teh kombucha terlalu kecut, apakah masih bisa diminum dengan diencerkan (dicampur air putih)
    Apakah masih berfungsi.
    Apa yang harus kami lakukan kalau teh kombuchanya sangat kecut, karena fermentasi lebih dari satu bulan..

    Reply
    • Arsenius says:

      Pak Alex,
      Kombucha yang sudah jadi cuka memang bisa dicampur dengan juice, atau dijadikan salad dressing.
      Sebenarnya kalau sudah jadi cuka, manfaatnya juga sangat banyak: untuk cuka masak, untuk menyembuhkan sakit eksim, dll.

      Anda bisa mempelajari manfaat cuka kombucha disini:
      http://indokombucha.wordpress.com/tag/cuka-kombucha/

      Reply
  6. yen says:

    adiknya umur 17th ada tumor dimata, sdh 4 hr mengkonsumsi Kombu..tp tiap hr hrs ke kmr mandi buang air trs tp spti sembelit begitu.. apa itu efeknya ya? utk pemula bgmn konsumsi yg baik, trimaksih…

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Memang efek detoks dari setiap orang berbeda-beda. Yang paling sering terjadi adalah buang air, tapi dalam kasus normal yaitu buang air besar yang padat, bukan cair.
      Kalau untuk pemula, memang disarankan hanya 1/4 cangkir dahulu dan lihat efeknya pada tubuh. Apabila tidak ada masalah, boleh ditambah jadi 1/2 cangkir per hari. Kalau sudah tidak ada masalah, berarti tidak ada batasan minum berapa pun sehari. Kadang saya minum sampai 2 liter per hari. Dan bangun tidur perut kosong langsung minum 1 gelas penuh yang saya ambil dari kulkas. Nggak ada masalah.. malah sangat segar!

      Reply
  7. basuki raharjo says:

    basuki sidoarjo, sy penderita diabet. proses fermentasi klo yg normal 14 hri, untk yg diperpanjang, diperpanjang sampai berapa hari?, thx

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Maaf terlambat di-reply pak Basuki, karena comment Bapak dianggap sebagai Spam 🙂

      Lama fermentasi yang normal adalah 7-12 hari pak. Untuk penderita Diabetes bisa diperpanjang fermentasinya sampai 14 s/d sekitar 18 hari. Rasanya akan lebih asam dibandingkan yang normal. Tapi Bapak bisa campur dengan juice buah tanpa tambahan gula.
      Selain mengkonsumsi secara teratur, pola makan / diet Bapak juga harus tetap berjalan seperti biasa dan jangan lupa selalu ukur kadar gula secara berkala.
      Sudah banyak penderita Diabetes – baik di dalam maupun luar negeri – yang dinyatakan sembuh oleh dokter. Mudah-mudahan Bapak segera mendapatkan pernyataan ini dari Dokter 🙂

      Reply
  8. Alex says:

    Apakah teh Kombucha boleh untuk penyembuhan kanker usus, karena saya baca bahwa ex Presiden Amerika, Ronald Reagen telah sembuh dari Kanker usus stadium yang lanjut, setelah mengkonsumsi Teh Kombucha.
    Pengalaman saya setelah mengkonsumsi teh Kombucha bekas luka luka saya banyak berkurang setelah mengkonsimsi Teh Kombucha.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Pa Alex,
      Memang betul Teh Kombucha telah menyembuhkan mantan Presiden Amerika: Ronald Reagan dari kanker usus. Menurut hemat saya, jenis pengobatan untuk level Presiden – apalagi presiden Amerika Serikat – pasti tidak akan sembarangan dan melewati prosedur & penelitian yang super ketat. Jadi kalau saya bilang ‘belum ada penelitian bahwa Kanker Usus bisa disembuhkan oleh Kombucha’, kemungkinan besar adalah salah.. Saya lebih memilih untuk mengatakan “Saya belum menemukan literatur yang menyatakan bahwa Kanker Usus bisa disembuhkan oleh Kombucha”.

      Terima kasih untuk Testimoninya.. Mengenai bekas luka yang berkurang.. Mungkin bisa dijelaskan secara simpelnya bahwa kandungan mikronutrisi dalam Teh Kombucha mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga regenerasi sel dapat berlangsung secara baik. Dampak positifnya adalah, regenerasi jaringan kulit akan berlangsung secara baik pula, sehingga bekas luka bisa lebih cepat tersamarkan.

      Saya pun sudah mencoba; bukan untuk menghilangkan bekas luka, tapi untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bapak bisa melihat fotonya disini:
      Manfaat Lain Teh Kombucha (bagian 1)

      Terima kasih atas pertanyaan dan testimoninya. Semoga bermanfaat bagi mereka yang membaca pertanyaan ini 🙂

      Reply
  9. Idutzidutzciiuculdh Part II says:

    pak indokombucha tpi bkan yg teh nya ttpi indokombucha nya bsa di pkai untuk luka diabet ga,klo emng bsa kra”bsa di pesan dmna?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Indo Kombucha itu merk pak.. Yang bapak maksud adalah Jamur Kombucha.
      Ada beberapa kesaksian di Ciamis yang minum Teh Kombucha sekaligus menggunakan Teh Kombucha yang sudah menjadi Cuka pada lukanya. Pada akhirnya lukanya dapat kering dan sembuh.
      Tapi jamurnya pun sebenarnya bisa dipakai juga untuk mengobati luka. Saya juga pernah mencobanya.
      Jadi, kesimpulan: 2-2nya bisa dipakai pak.. 🙂
      Kalau Bapak perlu, Bapak bisa order ke kami.
      Cara pemesanannya bisa dilihat disini:
      https://indokombucha.wordpress.com/how-to-buy-kombucha/

      Reply
  10. Idutzidutzciiuculdh Part II says:

    tru cra mengobati luka nya pakai jamur kombucha cra_a bgaimana?

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Eh, kirain Bapak, ternyata cewek.. maaf m(_~_)m
      Cara pemakaiannya: air Teh Kombuchanya diminum, dan air Teh Kombucha yang sudah jadi cuka dioleskan pada lukanya. Kalau Jamur Kombucha, cuci bersih dahulu, kemudian rendam beberapa saat dengan teh kombucha yang sudah jadi Cuka, dan kemudian taruh diatas lukanya.
      Keterangan: saya pernah mencoba menempelkan jamur Kombucha untuk mengobati luka pada diri saya sendiri dan istri, tapi belum pernah untuk penderita diabetes.
      Informasi ini saya dapat dari testimoni di daerah Ciamis..

      Reply
  11. triono says:

    Selamat siang pak Arsen,
    Setelah beli kombucha sama indokombucha sekarang saya sudah bisa menikmati air kombuchanya, kaget mendengar telpon dari istri bahwa tetangga yang katanya sudah punya kombucha dan menikmatinya sekarang membuang kombuchanya karena dengar isu, bahwa kombucha untuk jangka panjang berbahaya bagi liver/hati. Benarkah itu pak? Pak Arsen sendiri sudah konsumsi berapa lama? Sudah cek fungsi hati SGPT, SGOT? .. Mohon penjelasannya secara jujur untuk kebenaran isu tersebut.

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Selamat Siang Pak Triono..
      Saya selalu menjawab dengan jujur dan apa adanya koq 😉
      Kami sekeluarga sudah minum Kombucha selama hampir 12 tahun sekarang. Ayah saya juga sama, sudah mengkonsumsi hampir 12 tahun, usianya tahun ini 77 tahun (bulan Juli 2012 kemarin) dan masih bisa lari lintas alam rutin 2x seminggu, di perkumpulan lari lintas Alam Libra setiap hari selasa dan BHHH2 (Bandung Hash House Harriers 2) setiap hari Jumat. Dan karena sudah pensiun, hari-harinya diisi dengan mengukir kayu. Setiap tahun ayah saya rutin General Check Up dan dinyatakan seluruh organ dalamnya NORMAL! Tidak ada kolesterol/asam urat; walaupun cenderung selalu tekanan darahnya tinggi kalau kurang tidur/kecapekan. Hati, Jantung, Paru-paru, ginjal dll semuanya dinyatakan normal.
      Kenapa saya menceritakan ayah saya? Karena saya belum pernah General Check Up.. Ayah saya yang rutin setiap tahun, jadi saya rasa sudah mewakili :). Silahkan cek foto-fotonya disini: http://on.fb.me/PPoRkg

      Memang benar kalau liver SEDANG BERMASALAH, harus hati-hati mengkonsumsi Teh Kombucha karena alkoholnya berbahaya (walaupun kadar alkoholnya dibawah 1%). Karena itu untuk penderita Liver, disarankan untuk menghilangkan dahulu kadar alkoholnya dengan cara dipanaskan.
      Saya sudah menuliskan artikelnya disini: http://indokombucha.wordpress.com/2010/04/18/kombucha-non-alkohol/
      Tapi kalau kondisi liver sedang normal, tidak ada masalah sama sekali.. Yang penting adalah: Jangan menjadikan Teh Kombucha sebagai pengganti minum air putih! Malah ada juga yang menyarankan untuk minum air putih setelah minum Teh Kombucha.. Saya rasa ini saran yang baik.

      Semoga informasinya dapat bermanfaat pak 🙂

      Reply
  12. desi says:

    Sore pak, aku baru aja ngasi mamaku kombu setelah diminum langsung segelas.beliau pnya penyakit hypertensi,diabetes and maag setelah diminum merasa mual,sakit diulu ati dn masuk angin?apakah dstop mohon saran. Terimakasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Malam Mba Desi,
      Coba kurangi dosisnya, 50ml saja sehari 3x sehari. Itu biasanya reaksi dari proses detox (pengeluaran racun dari dalam tubuh). Biasanya proses ini berlangsung 3-7 hari. Setelah tubuh sudah terbiasa, Anda bisa menaikkan dosis menjadi 100m 3x sehari dan naikkan lagi sampai 200ml 3x sehari.
      Jangan lupa untuk terus memantau kadar gula dan juga hipertensinya. Sakit maag biasanya akan hilang lebih dahulu dibandingkan hypertensi dan diabetes.
      Semoga cepat sembuh, dan mohon informasi lebih lanjut kabarnya setelah minum secara rutin.
      Terima kasih 🙂

      Reply
  13. ika says:

    siang pak..
    saya dan suami baru 4 hari ini minum teh kombucha,,rasanya sih badan enakkan,,maag saya kyaknya juga enakkan ,soalnya biasa saya pagi harus cpat sarapan tapi setelah 4 hari rutin minum pagi sebelum makan,,gak masalah terlambat sarapan,yg saya tanya kan berpengaruh gak klo saya sekarang program punya anak minum teh itu,soalnya klo ibu hamil kan mmg disarankan tidak meminum itu.

    sebulan yg lalu suami saya medical check up,,kolestrolnya tinggi dan SGOT,SGPT ,TRIGLISERIDA nya juga tinggi apa bisa mengkomsumsi teh kombucha?
    HDL = 59 mg/dl
    LDL = 199 mg/dl
    TRIGLISERIDA = 206 mg/dl
    SGOT = 65
    SGPT = 31
    Glukosa PUasa = 111 mg/dl

    mohon penjelasannya nya pak,terimakasih

    Reply
    • Indo Kombucha says:

      Siang ibu Ika,
      Memang kalau Ibu belum pernah minum Teh Kombucha sebelumnya, dan ingin mencoba pada saat sedang hamil, itu tidak boleh..
      Tapi kalau masih dalam tahap sedang merencanakan, justru minum Teh Kombucha baik sekali agar badan semakin fit.
      Malahan saya baca sebuah forum, menanyakan hal yang sama, tapi pada kondisi sedang hamil. 100% meresponi dengan kata yang sama “tidak apa-apa”.. Ibu bisa cek disini:
      http://www.mothering.com/community/t/1367436/kombucha-tea-during-pregnancy
      Sebaiknya ibu bicarakan dengan suami dan konsultasikan juga dengan dokter (walaupun saya percaya, jawaban dokter pasti nggak boleh, hehe..)

      Teh Kombucha sangat baik untuk menurunkan kolesterol! Latar belakang saya bukan di kedokteran, tapi IT.. jadi saya tidak mau berbicara seakan-akan melebihi dokter.. Tapi.. selama beberapa tahun terakhir, saya menyaksikan respon yang sangat baik dari semua penderita kolesterol tinggi, SGOT, SGPT dan Trigliserida di semua kalangan & profesi: rendah, menengah, tinggi dan bahkan testimoni dari dokternya sendiri.
      Bahkan ada seorang Bidan yang saya kenal baik, sehari-harinya beliau mengkonsumi obat untuk menurunkan tensi. Kalau sedang tinggi tekanan darahnya bisa mencapai 200/120 & kemudian vertigo. Setelah minum secara rutin selama hampir 3 bulan, saat ini sudah tidak pernah minum obat dokter lagi dan hampir tidak pernah vertigo.
      Silahkan dicoba 3x100ml dulu sehari.. Kalaupun ada reaksi dari tubuh, itu adalah proses detox. Silahkan diteruskan. Jika badan sudah semakin enak, bis ditambahkan jadi 3x200ml sehari. Kalau memang sudah terbiasa sih.. tidak ada dosis lagi.. kapanpun mau boleh minum, tapi jangan sampai dijadikan pengganti minum air putih. Air putih harus tetap konsumsi seperti biasa.
      Semoga bermanfaat 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 087823451768 Invite Pin BBM kami : 58455738