Go to Top

Sepenggal Kisah Kombucha dalam Alkitab

[heading style=”2″]Sepenggal Kisah Kombucha dalam Alkitab[/heading]

Ini adalah artikel yang dipublikasikan didalam majalah “The American raum & zeit (Munt Vernon/USA) Volume 2, Nomer 5, 1991, halaman 51-56.

Akhir-akhir ini, umat manusia kembali melakukan usaha-usaha penyembuhan yang mendekati metode alami; demikian juga dengan pencarian cara-cara penyembuhan dan pencarian makanan yang besumber dari alam yang sifatnya sangat bertolak belakang dengan produk-produk hasil kemasan industri. Hal inilah yang mungkin menjadi daya tarik kuat serta menakjubkan dari minuman yang penuh khasiat kesehatan yang bernama Kombucha. Kelompok ragi dan bakteria telah digunakan oleh manusia sejak jaman kuno, dan telah diaplikasikan sepenuhnya didunia untuk kesejahteraan manusia dalam bentuk kreasi peragian minuman dan makanan untuk menunjang kesehatan.

Bisa dibaca didalam Injil (Ruth 2 :14) bahwa tuan tanah Boas pada saat sedang panen gandum, mengundang makan Moabite Ruth, yang kelak menjadi isterinya, dengan berkata Ruth seperti kutipan berikut: “Datanglah kemari dan makanlah roti serta celupkanlah sepotong dari rotimu kedalam minuman asam ini! Kemudian dia duduk disamping para pengetam gandum; serta diberikannya gandum yang telah dimasak kepada Ruth yang kemudian memakannya dan terpuaskan, lalu pergilah Ruth”.

Ceritera Injil ini terjadi sekitar 1000 tahun S.M., tidak hanya memberikan kepada kita gambaran mengenai contoh kebiasaan mereka dalam hal gizi, walaupun pola hidup mereka masih sangat sederhana dalam ukuran kita sekarang. Bisa dilihat bahwa dalam mempersiapkan minuman, dipakai asam dari susu untuk menjamu rekan-rekannya guna memberi kekuatan dan kesegaran jasmani setelah bekerja keras memanen hasil pertanian.

Comments (2)

  • Yohannes Sudarman 02/05/2011 - 13:06 Reply

    Nampaknya ini benar. Tks utk infonya. Saya baru saja mendapat bibit jamur kombucha dari Pak Nasrullah di Perum Harapan Baru 1 Bekasi Barat. TUHAN memberkati.

    • Indo Kombucha 02/05/2011 - 17:58 Reply

      Selamat datang di Indo Kombucha pak Yohanes.. semoga artikel lainnya juga bisa berguna untuk Bapak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Analytics