Blog

Post thumbnail

Manfaat Lain Jamur Kombucha (bagian 2)

[heading style=”2″]Manfaat Lain Jamur Kombucha (bagian 2)[/heading]

Pada artikel sebelumnya yang membahas fungsi Scoby untuk luka, jerawat, pupuk dll, maka kali ini Indo Kombucha akan membahas fungsi Scoby yang lain dan pasti akan membuat Anda tercengang!

Saya pernah membaca sebuah artikel (saya lupa tepatnya dimana) yang mengatakan bahwa pada masa Perang Dunia Pertama, Scoby Kombucha dipakai sebagai bahan baku membuat sepatu boot! Saya pikir “ah..  masa’ sih?”, saya googling beberapa hari dan tidak menemukan bukti-bukti otentik mengenai hal ini.. sampai saya menemukan foto ini:

 

Kombucha dijadikan pengganti kulit sarung tangan Baseball
Kombucha dijadikan pengganti kulit sarung tangan Baseball

Ya.. mungkin karena dahulu – pada masa perang – orang tidak pernah berpikir untuk mempublikasikan kreasi sepatunya khan? Lagipula karena biaya perang sangat tinggi, tidak mungkin membuat sepatu boot tentara dari kulit sapi. Pasti ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk membuat sepatu.. sesuatu yang kuat! Dan ternyata Scoby Kombucha adalah solusinya. Ini terbukti dari foto diatas, yaitu sarung tangan yang sudah sobek diganti dengan Scoby Kombucha yang sudah dikeringkan. Nah, bagi para penggembar Baseball, ada solusi yang cukup bagus untuk menambal sarung tangan Anda yang sudah rusak 😀

Bagaimana dengan para seniman?

Mereka pun saat ini sudah melirik Kombucha sebagai salah satu kreasi seninya. Anda bisa melihatnya disini:

Lampu dari Scoby Kombucha – karya Monte Wilson

Lampion ini terbuat dari Kombucha yang sudah dikeringkan dan bisa menghasilkan karya seni yang indah sekali! Ini dibuat oleh penggemar kombucha dari Amerika bernama Monte Wilson (Thank you Monte for your beautiful photos :D)

Lain lagi kreasi yang dibuat oleh Museum Ilmu Pengetahuan di London Inggris (London’s Science Museum). Tidak tanggung-tanggung, mereka membuat busana dari Scoby Kombucha!

Baju yang dibuat dari Scoby Kombucha

Anda dapat melihat lebih lengkap mengenai cara pembuatan baju dan lain-lainnya disini!

Bagaimana, apakah Anda terpacu untuk membuat kreasi Anda? Hanya ide sekilas saja, mungkin Anda bisa membuat layang-layang Kombucha, kerupuk/keripik Kombucha, dompet, gantungan kunci, sepatu atau benda-benda lainnya di sekitar kita. Tapi.. setelah melakukan beberapa percobaan , saya ingin menginformasikan Anda bahwa ada beberapa kekurangan jika menggunakan kulit Kombucha (yang mungkin bisa Anda pecahkan solusinya) :

1. Aroma khasnya tidak bisa hilang.

2. Tidak fleksibel. Jika sudah dilubangi oleh jarum, dia tidak akan menutup lagi seperti halnya kulit.

3. Walaupun sudah 100% kering, jika kena air warnanya akan kembali berubah dan teksturnya kembali menjadi lembut dan licin.

Perbandingan Scoby Kering & yang dibasahkan kembali

Warna yang kering adalah coklat tua, sedangkan yang basah kembali menjadi coklat muda.

Ayo, ditunggu kreasi Kombucha dari Indonesia! Tetap Semangat! 😀

[note color=”#ffe600″]Catatan: Anda masih belum mempunyai bibit Kombucha? Kami menjual Bibit Jamur Kombucha dengan kualitas Premium! Silahkan baca cara pemesanannya disini: Cara Pemesanan[/note]

Related Post

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 087823451768 Invite Pin BBM kami : 58455738