Go to Top

Sehat Dan Cantik Bersama Jamur Teh Kombucha

Sehat Dan Cantik Bersama Jamur Teh Kombucha

oleh Ahmed Tsar Blenzinky

Sebelum tidur, Fitri meminum sebuah kapsul kecantikan. Besok paginya bukannya cantik yang di dapat, melainkan di wajahnya bertumbuh jerawat. Karena panik, ia segera berkonsultasi ke Beauty Advisor yang memberikan kapsul tersebut kemarin. Ia komplain mengapa efeknya menjadi jerawatan. Si penasehat yang mendapat marah-marah bukannya membalas, malah tersenyum. Dia berkata “Mbak jangan marah-marah dulu ya. Begini, cara kerja kapsul itu memang harus jerawatan terlebih dahulu. Nah, besok pagi jerawat itu pasti akan hilang. Mbak pasti belum baca buku petunjuk yang saya sertakan kemarin ya?” Fitri tersenyum malu dan menggangguk. Fitri pun akhirnya pulang.

Besok paginya benar juga jerawat sudah hilang dari wajah Fitri, namun berganti dengan bertumbuhnya jamur-jamur kecil berwarna hitam. Kali ini Fitri tidak panik. Lekas ia ke kamar mandi. Menurut buku petunjuk yang dibacanya, wajahnya harus segera dibasuh dengan air hangat agar jamur bersama bekas jerawatnya rontok seketika. Benar juga, Jamur itu hilang berganti wajah cantik bercahaya. Lebih cantik dan bercahaya dari wajah Fitri sebelum meminum kapsul kecantikan. Selidik punya selidik, ternyata rahasianya terdapat di Jamur. Jamur itu bernama Kombucha.

Ilustrasi diatas hanyak fiksi belaka yang mungkin akan terjadi di masa depan untuk mendapatkan wajah cantik secara cepat. Namun, untuk Jamur Kombucha sebaliknya. Tumbuhan ini memang benar-benar berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan, saking banyaknya khasiat yang terkandung, Jamur ini terkenal mendapat julukan “1001 manfaat”. 1001 mengandaikan pada suatu kumpulan dongeng dari Baghdad yang berjumlah seribu tambah satu ini. Nah begitu pula dengan Kombucha, beragam khasiat bisa kita dapatkan dari Jamur ini.

Asal-Muasal Jamur Teh Kombucha

Ingat, Jamur “1001 manfaat” bernama Kombucha bukan Kamboja. Walau dua nama itu hampir identik, Jamur Kombucha bukan berasal dari negara Kamboja. Nama kombucha sendiri jika diikuti jejaknya berasal dari dua kata, yaitu ‘kombu’ dan ‘cha’. ‘Kombu’ adalah nama seorang tabib dari Korea yang hidup pada abad ke-5 Masehi. Sementara itu, kata ‘cha’ diambil dari bahasa Cina yang bermakna ‘teh’. Menurut cerita, pada sekitar tahun 414 SM, seorang kaisar Jepang yang bernama Inkyo. Suatu waktu kaisar menderita penyakit pencernaan kronis. Penyebabnya adalah sembelit yang berkepanjangan. Kemudian atas saran tabib dari negeri gingseng tersebut, Sang Kaisar mengkonsumsi ramuan teh yang difermentasi oleh sejenis jamur hasil racikan tabib. Setelah mengkonsumsinya, penyakit yang diderita kaisar tersebut bisa disembuhkan. Atas jasa tabib tersebut, Sang Kaisar member nama ramuan tersebut ‘kombucha’, yang berarti teh ramuan dari seorang tabib yang bernama Kombu.

Inilah yang disebut dengan Kombucha (Sumber: indokombucha.com)

Menurut Wikipedia, jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Penyembuh berbagai macam penyakit ini semakin banyak digunakan di rumah tangga di berbagai negara di Asia. Oleh karena itu, jamur hasil fermentasi ini mempunyai beragam nama. Sebut saja cajnyj kvas, heldenpilz, mandarin tea mashroom, fungus japonicum, tea kwass, olinka, mogu, kargasok tea, zauberpilze, olga spring, jamur super, atau yang lainnya. Di Indonesia sendiri, kombucha lebih sering disebut dengan “jamur dipo” yang bermakna jamur benteng.

Sekilas Cara Pembuatan Jamur Teh Kombucha

Akan tetapi, cara mendapatkan manfaat dari Jamur ini haruslah diolah terlebih dahulu. Cara pengolahannya, Jamur ini digunakan sebagai media fermentasi dari teh. Ya bagai pasangan calon suami istri, Kombucha ini harus dijodohkan dengan teh agar menghasilkan minuman kesehatan (probiotik) atau ramuan kecantikan. Kenal dengan Yogurt? Proses pengolahannya mirip sekali dengan pembuatan Yogurt. Kalau Yoghurt jelas ia dibuat dari susu yang mendapat peragian dari bibit Jamur Yogurt, sedangkan teh Kombucha mendapatkan fermentasi dari bibit ragi Kombucha. Kalau sudah jadi hasil fermentasinya, rasanya pun mirip Yogurt yang asam-asam segar atau mirip jus Apel bersoda.

Langkah-langkah pembuatan minuman kesehatan dari Jamur teh Kombucha adalah; (1). Langkah pertama pastinya mengumpulkan bahan dan alat. Untuk bahannya kurang lebih ada tiga macam. Jamur Kombucha yang dijadikan sebagai ragi agar menjadi media fermentasi teh (Jamur Kombucha yang dijadikan biang bibit ragi sudah banyak dijual dimana-mana melalui Internet. Harganya kurang lebih Rp 60.000 per buah atau Rp 80.000 per toples). Bahan kedua dan ketiga adalah 70 atau 100 gram gula pasir beserta 1 liter air. Bahan yang terakhir adalah teh hitam atau hijau (atau teh herbal juga bsa) sebanyak dua sendok teh. Sedangkan untuk alatnya, sediakan panci untuk tempat memasak air beserta toples. Tidak lupa pula sediakan alat berupa kain penutup toples; (2). Setelah siap semua bahan dan alat, buatlah minuman teh seperti biasa. Teh hijau untuk miunuman teh hijau, begitu pula dengan teh hitam.

Maksud dari buat teh seperti biasa, ya seperti anda membuat teh. Campurkan teh sebanyak dua sendok teh ke dalam satu liter air yang sudah mendidih. Tapi kali ini tanpa dicampur gula terlebih dahulu; (3). Setelah didiamkan selama 15 menit, saring atau pisahkan ampas teh dengan airn seduhannya lalu masukkan ke dalam air seduhan tersebut gula pasir sebanyak 10 persen dari air seduhan. Kemudian diaduk; (4). Karena air seduhan teh masih hangat biarkan terlebih dahulu sampai dingin, menyesuaikan dengan suhu ruangan tempat air teh dibuat. Jangan biarkan suhunya melebihi sampai 25 derajat Celcius karena koloni ragi Kombucha nantinya akan mati bila dimasukkan ke dalam air yang panas.

Simpan air teh secara rapat, baik sesudan atau sebelum dimasukkan Jamur Kombucha (sumber: www.kombu.de)

Ketika melakukan proses pendinginan, tentunya hindari air seduhan dari kemasukan hewan Lalat, Nyamuk, dan Semut atau juga jangan biarkan debu masuk kedalamnya; (5). Nah baru masukkan koloni ragi Jamur Kombucha (dikenal juga dengan singkatan scoby / symbiotic colony of bacteries and yeasts) ketika air seduhan sudah dingin. Ukurannya sebanyak 10 % dari air seduhan, sama seperti ukuran gula pasir tadi. Namun sebelum dimasukkan koloni ragi, terlebih dahulu tuang air seduhan ke dalam toples berbahan gelas. Tutup rapat toples yang telah berisi campuran koloni ragi dan air seduhan, dengan kain penutup. Sama seperti tadi, penutup ini berguna untuk menghindari segala hewan yang kecil ataupun partikel debu lainnya masuk ke dalam toples; (6). Simpan toples berisi air seduhan bercampur ragi tersebut, antara delapan sampai sepuluh hari. Di dalam langkah inilah, proses fermentasi terjadi. Simpan toples di tempat yang sejuk tidak boleh melebihi suhu 30 derajat Celcius dan tempat penyimpanan suhunya tidak boleh kurang dari 20 derajat Celcius.

Proses pencampuran koloni ragi Kombucha ke dalam air teh (sumber: www.kombu.de)

Toples tidak boleh terkena sinar matahari, toples tidak boleh digerak-gerakkan (goyang) atau selalu dipindah selama proses penyimpanan; Dan, (7). Sesudah mencapai 10 hari dalam penyimpanan, pisahkan kembali koloni ragi Jamur Kombucha dengan air teh Kombucha. Caranya ambil dengan tangan yang bersih lalu jangan dibuang koloni itu. Ragi dapat dijadikan kembali sebagai media fermentasi kembali, namun harus dicuci terlebih dahulu dengan air kran atau air hangat. Nah teh Kombucha yang sudah jadi, tuang ke dalam botol lalu tutup rapat. Agar lebih enak diminum biarkan dahulu teh selama kurang lebih 5 hari.

Sedangkan untuk membuat koloni ragi Jamur Kombucha langkah-langkah prosedurnya sama seperti proses pembuatan Kombucha tea, tetapi toplesnya bisa digunakan yang lebih kecil. Lapisan selulosa yang baru terbentuk dan seduhan teh yang sudah difermentasi dijadikan starter untuk pembuatan minuman Kombucha tea selanjutnya.

Inilah kultur Jamur Kombucha yang dapat kembali dijadikan koloni ragi sebagai media fermentasi (sumber: www.kombu.de)

Khasiat Teh Kombucha Untuk Kesehatan

Jadilah teh Kombucha yang siap diminum. Tentunya tidak sekaligus diminum habis. Sebagaimana resep dokter, teh ini paling tidak harus diminum berkala. Yakni, sehari tiga gelas berukuran gelas minum yang biasa: di pagi hari sebelum sarapan, setelah makan siang dan sebelum tidur pada malam hari. Kalau minum teh Kombucha ini sudah dibiasakan, percayalah khasiat kesehatannya akan berdampak pada tubuh anda. Sudah banyak yang membuktikannya.

Tahukah anda meminum segelas teh Kombucha berarti anda telah memasukkan beragam kandungan berkhasiat untuk kesehatan ke dalam tubuh. Diantaranya: (a). Enzim. Enzim merupakan bagian dari protein yang terkandung dalam teh Kombucha. Enzim ini berfungsi sebagai melancarkan (bahkan mempercepat) proses reaksi biokimia di dalam tubuh; (b). Sekelompok senyawa Asam organik pembentuk protein. Pertama, Asam amino yang berfungsi memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak. Selain itu, Asam amino ini juga dapat dijadikan andalan sebagai antibodi melawan virus dan bakteri. Kedua, Asam malat yang berfungsi untuk membersihkan segala racun dalam tubuh (detoksifikasi). Ketiga, Asam nukleat yang berperan sebagai media regenerasi sel. Keempat, Asam oksalat yang berperan sebagai pendukung sel dalam memproduksi energi. Kelima, Asam asetat. Asam ini berfungsi sebagai penghancur pertumbuhan bakteri berpenyakit (antiseptik) di dalam tubuh. Serta keenam, Asam asetat yang berfunsi sebagai melancarkan pencernaan; Dan, (c). Beragam vitamin B dan C.

Mari menerjemahkan segala fungsi kesehatan beragam kandungan di dalam teh Kombucha dengan bahasa lebih sederhana. Dengan kalimat lain, khasiat teh Kombucha dapat menyembuhkan; (1). Segala penyakit di dalam perut. Diantaranya adalah: Sembelit, gangguan pencernaan pada Lambung, keluhan mentruasi, kencing batu, kanker usus besar, varises serta masih banyak penyakit perut lainnya; (2). Segala penyakit yang berhubungan dengan persendian dan tulang. Diantaranya adalah: Radang tulang, Asam urat, nyeri akibat tulang keropos (osteoporosis), rematik, encok serta masih banyak penyakit tulang lainnya; Dan, (3). Berbagai penyakit lainnya seperti batuk, pilek, masuk angin (khususnya pada anak), sulit tidur (insomnia), diabetes mellitus, sakit kepala serta migrain, asma, kegemukan serta AIDS.

Khasiat Teh Kombucha Untuk Kecantikan

Kalau diidentifikasi satu-persatu penyakit apa saja yang dapat disembuhkan oleh teh Kombucha, mungkin bisa mencapai ratusan lebih nama penyakit. Maka dari itu julukan teh Kombucha banyak sekali karena beragam khasiatnya ini. Ada yang menyebut teh penyembuh beragam gangguan penyakit (remedy for all diseases), teh penyambung usia (longevity tea), dan teh untuk tujuh turunan (tea of immortality). Tidak lupa pula dengan julukan teh “1001 manfaat”. Nah, rasanya teh Kombucha ini juga pantas dijuluki sebagai teh kecantikan (tea of loveliness) karena memang teh ini juga berefek baik bagi kecantikan wajah wanita.

Maka pantas Perusahaan Martha Tilaar Group memanfaatkan jamur teh Kombucha ini sebagai ramuan kecantikan (nama dua bakteri yang digunakan Perusahaan Martha Tilaar Group untuk ragi Kombucha bernama Saccharomyces dan Xylinum) . Tepatnya yang dimanfaatkan adalah hasil fermentasi dari jamur Kombucha dengan teh hitam (Black Tea Ferment). Kemudian hasil fermentasi tersebut digunakan sebagai bahan utama dari Blemless Balm Cream Luminizing. Lebih jauh, menggunakan BB Cream Luminizing ini sama saja dengan memakai ramuan kecantikan jamur teh Kombucha untuk mempercantik wajah.

Blemless Balm Cream Luminizing (sumber: online.marthatilaarshop.com)

Mari menengok terlebih dahulu terhadap khasiat teh Hitam terhadap kecantikan wajah. Sebelum itu, bedakan terlebih dahulu antara yaitu teh hitam, teh hijau dan teh oolong agar mengerti apa itu teh Hitam. Perbedaaan dari ketiga jenis teh tersebut terletak pada cara pengolahan. Berikut perbedaannya:

Jenis teh

Cara pengolahan

Teh hitam

Diawali dengan proses pelayuan daun teh, kemudian proses pengilingan yang bertujuan untuk memecah sel-sel daun, agar proses fermentasi dapat berlangsung secara merata dan terakhir adalah proses pengeringan.

Teh hijau

Diolah tanpa melalui proses fermentasi. Setelah daun teh dipetik dilakukan proses pemanasan selama 2-3 menit, proses ini disebut proses pelayuan yang bertujuan untuk menginaktifkan enzim

Teh oolong

Teh tersebut difermentasi dengan cepat sebelum dan sesudah penggulungan. Warna daunnya setengah coklat

Meskipun demikian, ketiga jenis teh tersebut memiliki khasiat dan potensi kesehatan yang sama. Dalam teh Hitam terkandung catechine, tannin dan polyphenol. Ketiga kandungan itu mampu menolak pancaran sinar UltraViolet yang menyebabkan terganggunya sel kulit wajah. Selain itu, manfaat tiga kandungan tersebut juga dapat menolong mempersempit pori-pori wajah, menyembunyikan noda hitam, menanggulangi jerawat, menyediakan nutrisi pada kulit serta mengatasi kulit yang terbakat sinar matahari.

Begitu melimpah khasiat kecantikan pada teh Hitam. Bagaimana kalau teh hitam ini difermentasikan dengan jamur teh Kombucha, apakah khasiatnya bertambah atau sebaliknya? Tentu manfaatnya pada kecantikan wajah bertambah. Manfaat tambahannya adalah sebagai antioksidan. Artinya, fungsi antioksidan akan membantu memperlambat proses penuaan karena dapat mencegah dan mengurangi kerutan. Selain itu, fungsi antioksidan juga dapat menambah dan mempertahankan elastisitas kulit.

Akan tetapi hati-hati dengan resiko menggunakan sendiri hasil fermentasi teh Hitam dengan jamur Kombucha. Maksudnya mengunakan sendiri hasil fermentasi tersebut sebagai ramuan kecantikan pada wajah, bisa-bisa wajah keracunan karena adanya reaksi alergi. Kemungkinan alergi sangat besar bila proses fermentasi dilakukan di lingkungan tidak steril (seperti teh Kombucha kemasukan hewan-hewan kecil atau logam yang tak terlihat). Oleh karena itu, lebih aman menggunakan hasil fermentasi teh Hitam dengan jamur Kombucha dalam kemasan seperti kemasan Blemless Balm Cream Luminizing dari Perusahaan Martha Tilaar Group.

Jadi bagi anda yang ingin memiliki wajah cantik sebagaimana hasil dari khasiat kecantikan teh Jamur Kombucha, pakailah secara berkala Blemless Balm Cream Luminizing. Sangat cocok digunakan sehari-hari. Artinya ketika memakai BB Cream Luminizing, maka wajah anda akan cepat menyerap cream ini karena teksturnya agak cair dan terasa sangat ringan pada kulit. Disarankan BB Cream Luminizing ini untuk kulit wajah yang berminyak karena akan mengendalikan minyak pada wajah anda. Selain dilengkapi dengan khasiat kecantikan teh Jamur Kombucha, BB Cream Luminizing ini juga mengandung ekstrak Pearl untuk anti-aging serta Vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan.

Terakhir, selain Blemless Balm Cream Luminizing, Caring Colours juga mempunyai jenis BB Cream Fair White dan Everlast. BB Cream Fair White mengandung Whitening Complex dengan 9 Melanin Block-nya mampu menghambat melanin di 9 titik pembentukannya. Sedangkan BB Cream Everlast mengadung UV Protection sebagai perlindungan wajah dari sinar matahari, serta dapat membantu menyamarkan pori-pori dan menetralisir minyak di wajah dengan kandungan  oil absorber-nya.

Kesimpulannya: Satu lagi terobosan dari PT Martha Tilaar dalam menggunakan bahan-bahan dari alam untuk bahan kosmetika, yaitu Jamur Teh Kombucha sebagai bahan utama dari Blemless Balm Cream Luminizing. Hal ini menunjukkan PT Martha Tilaar benar-benar berkomitmen dalam “Local Wisdom Go Global“.

Segala data dan fakta Jelas  dari beragam sumber

Disandur dari:
http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2011/09/18/sehat-dan-cantik-bersama-jamur-teh-kombucha/

Web Analytics