Go to Top

Kulit Cantik Dr. Myrna

Kamis, 02 Februari 2012 – 16:29:41 WIB

Asma Sembuh dengan Kombucha

Klinik Kecantikan dr.Myrna – Saat asma kambuh, penderita akan merasa tersiksa. Rasa nyeri di dada dan napas berat disertai mengi (bengek) merupakan ciri terserang asma. Kombucha atau teh jamur ternyata dapat meredakan serangan asma yang mengganggu aktivitas. Benarkah demikian?

Kombucha atau teh jamur mungkin masih asing di telinga Anda. Kombucha berasal dari dua kata, kombu dan cha. Kombu merupakan nama seseorang tabib dari Kombu dan cha adalah teh. Teh ini awalnya berasal dari para pedagang Asia Timur, yang kemudian tersebar hingga daratan Rusia dan Jerman. Kombucha ini sudah dipercaya sebagai obat sejak 3000 tahun yang lalu. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah asma.

Kombucha merupakan hasil fermentasi dari ragi dan bakteri. Kombucha disebut tea of immortality karena jika dirawat terus menerus tidak akan mati, malah justru akan berkembang biak. Kombucha juga disebut lading mini biokimia karena banyak kandungan kimianya. Kandungan yang terdapat di dalam Kombucha ini adalah asam folat, vitamin B kompleks, asam glukoronat, asam laktat, asam amino, antibioti dan lain-lain. Kombucha mengandung etanol 0,5-1 persen sehingga rasanya sedikit asam seperti halnya cuka apel.

Mengatasi Asma. Dengan kandungan-kandungan tersebut,membuat kombucha bisa mengatasi berbagai penyakit, salah satunya meredakan serangan asma. Kandungan vitamin B dan asam amino berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, serta mengembalikan sistem kekebalan tubuh melalui detoksinasi dan meningkatkan pencernaan. Dengan demikian, keseimbangan dan kekebalan tubuh menjadi baik serta tidak mudah terserang penyakit.

Bagi penderita asma, teh kombucha bisa mengatasi masalah asma dengan minum secara teratur. Anda bisa membuat sendiri teh kombucha karena cara membuatnya sangat mudah. Caranya, hanya direndam dengan teh manis selama satu bulan. Untuk satu buah jamur kombucha dengan diameter 5 cm, harus direndam dengan satu liter air teh manis. Jika di rendam dalam black tea akan mendapatkan rasa yang enak, sementara jika direndam dengan green tea biasanya untuk pengobatan.

Dalam seminggu, gula dari teh manis tersebut telah diserap oleh jamurnya sehingga rasa tehnya sudah mulai hilang. Lama kelamaan, sekitar satu bulan rasa manisnya berganti dengan rasa asam. Air teh yang rasanya asam itu baru boleh dikonsumsi karena telah ada khasiatnya. Untuk membuat teh kombucha ini sebaiknya menggunakan botol dari kaca atau keramik. Apabila menggunakan botol dari plastik dikhawatirkan akan meracuni teh tersebut.

Sementara untuk penyembuhan, sebaiknya minum 600 ml per hari atau setara dengan tiga gelas. Untuk kebugaran, minum sebanyak 400 ml/hari atau setara dengan dua gelas. Sebaiknya diminum sebelum makan. Namun jika Anda memiliki penyakit maag sebaiknya teh kombucha dicampur dengan madu. Jika terlalu asam bisa dicampur dengan air putih 100 ml.

Asma. Asma terjadi apabila terjadinya penyempitan di saluran pernapasan. Dengan menyempitnya saluran pernapasan, mengakibatkan pasokan oksigen di dalam paru-paru menjadi berkurang sehingga timbul sesak napas. Asma ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu lingkungan dan diri sendiri. Lingkungan yang kotor dan banyak polusi sangat berpotensi terjadinya asma. Asap rokok adalah pemicu timbulnya asma. Alergi juga bisa mencetuskan asma. Begitu pula makan, seperti makanan yang mengandung pengawet, penyedap rasa dan pewarna makanan.

Asma biasanya banyak terjadi pada anak laki-laki karena rongga dadanya masih kecil. Sedangkan untuk usia dewasa kebanyakan para wanita yang berpotensi terserang asma karena dipengaruhi oleh hormon dan emosional. Mereka yang obesitas atau kegemukan juga rentan terkena asma. Karena zat-zatnya menumpuk di dalam tubuhnya itu ada beberapa zat yang dapat membuat peradangan.

Dilihat dari proses penyembuhannya, asma tidak dapat disembuhkan melainkan dapat dihindari kambuhnya. Untuk orang yang mengidap asma, biasanya diberikan inhaler. Inhaler ada dua macam, sebagai antiperadangan dan melegakan. Apabila sudah termasuk parah, biasanya diberi obat minum dan inhaler. Obat minum ini sifatnya sebagai antiperadangan sedangkan inhaler sifatnya sebagai pelega.

Di samping itu, penderita asma disarankan untuk berolahraga seperti berenang karena berenang bagus untuk pernapasan. Dengan berenang, aliran udara yang masuk cukup sehingga paru-paru mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Olahraga jogging bisa dilakukan, yang paling baik pada pagi hari sekitar jam 8 pagi karena pada jam segitu udara mulai hangat dan sinar matahari belum terlalu menyengat. Agar asma tidak kambuh sebaiknya menjaga agar lingkungan tetap bersih, menghindari asap rokok, pola makan sehat, banyak minum air putih agar tenggorokan selalu lembab, rajin olahraga tetapi tidak berlebihan, serta sering check up ke dokter.

Info Kecantikan – Solusi Cantik Wanita Modern

Sumber: http://kulitcantik-drmyrna.com/berita-143-asma-sembuh-dengan.html

Web Analytics