Manfaat Teh Kombucha

Manfaat Teh Kombucha

Pada tahun 1996, seorang bernama Bev Ferguson, pemilik Kombucha Manna Internasional membuat sebuah survey di sebuah mailing list Kombucha yang beranggotakan 600 orang dari seluruh dunia (sekarang sudah mencapai lebih dari 2.000 5.000 orang). Mereka berbagi pengalaman, manfaat apa yang telah mereka dapatkan setelah mengkonsumsi Teh Kombucha. Hasilnya kemudian dipetakan sebagai berikut:

  • 82% Resisten terhadap pilek & flu
  • 81% Kondisi tubuh meningkat
  • 81% Bebas dari sembelit
  • 44% Mengalami peningkatan energi
  • 42% Terbebas dari nyeri arthritis
  • 30% Berat badan menjadi seimbang
  • 27% Memiliki pola tidur yang lebih sehat
  • 27% Terbebas dari sakit maag dan masalah pencernaan
  • 24% Menurunkan berat badan 2.5 – 5kg
  • 21% Peningkatan kualitas kulit
  • 19% Terbantu dari gejala PMS
  • 19% Terbebas dari alergi
  • 17% Penurunan Tekanan Darah & Kolesterol
  • 17% Mengurangi kecanduan gula
  • 13% Mengurangi keram dan ketidaknyamanan saat menstruasi
  • 13% Mengurangi kecanduan kafein
  • 12% Memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik
  • 12% Menghilangkan pertumbuhan pra-kanker kulit
  • 10% Menghilangkan tahi lalat dan efek penuaan
  • 9% Terbebas dari Migrain
  • 8% Peningkatan kualitas rambut dan kuku
  • 8% Peningkatan Libido
  • 7% Mengembalikan warna rambut ke warna aslinya
  • 7% Terbantu dari gejala menopause
  • 6% Menurunkan berat badan 10kg
  • 6% Orang dengan kanker mempertahankan status ‘bebas dari kanker’ untuk 1-4 tahun
  • 5% Menghilangkan mual akibat kemoterapi
  • 4% Rambut kembali tumbuh
  • 3% Peningkatan T-sel dalam darah
  • 3% Orang dengan kanker mempertahankan status ‘kanker bebas’ untuk kurang dari satu tahun
  • 2% Orang dengan kanker mempertahankan status ‘bebas dari kanker’ untuk 5 tahun lebih

Beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan (diluar dari FAQ – Frequent Ask Question)

Mengapa Teh Kombucha bisa melakukan semua itu? Karena Kombucha kaya akan Vitamin, 9 macam Asam, Enzym dan Bakteri yang menguntungkan tubuh!

Berikut link menjelaskan secara detail kandungan dan manfaat dari Kombucha:

  1.  Kandungan Nutrisi dalam Teh Kombucha
  2.  Kandungan Asam dalam Teh Kombucha
  3.  Kandungan Bakteri yang menguntungkan dalam Teh Kombucha

Bagaimana cara kerja Teh Kombucha dalam tubuh kita? Secara garis besar Kombucha bekerja dengan mengeluarkan racun dalam tubuh kita (detoxifikasi). Anda bisa pelajari di artikel “Detox ala Kombucha” 

Tapi, Kombucha khan dari jamur.. trus ada alkoholnya? Halal nggak ya? Nah.. untuk menjawab ini, silahkan pelajari artikel ini: Pemikiran yang salah tentang Kombucha..

Lalu, bagaimana dosis minumnya? Silahkan baca di artikel “Dosis Minum Teh Kombucha”

Apakah ada testimoni dari mereka yang sudah sembuh dari penyakit tertentu? Tentu saja.. Silahkan baca di artikel Testimoni..

Lalu, bagaimana dengan Jamur / Scoby-nya.. apakah punya manfaat juga? Tetu saja.. Silahkan baca di artikel “Manfaat Lain Jamur Kombucha” bagian 1 dan bagian 2

Cara membuat Teh Kombucha susah nggak sih? Mudah koq, seperti membuat teh manis aja.. silahkan baca di artikel “Cara Membuat Teh Kombucha”..

50 thoughts on “Manfaat Teh Kombucha”

  1. Muhammad Najib Al Habsyi

    assalamualaikum pak..
    saya mau nanya.. bagaimana cara penyimpanan hasil teh dengan benar? supaya tiddak meledak.. terima kasih pak

    1. indokombucha

      Waalaikum salam pak Najib..
      Cara menyimpan teh kombucha yang benar adalah: isi dalam botol kaca sampai penuh / hampir tidak menyisakan udara; tutup rapat dan simpan di tempat yang sejuk/dingin & tidak terguncang2. Kenapa bisa sampai ada kasus meledak? itu karena biasanya kepanasan dan terguncang2 sehingga soda terus keluar & menghasilkan tekanan yang besar.
      Demikian informasinya, semoga bermanfaat 🙂

      1. Reski Nur Utami

        Assalamualaikum pak ,kemarin saya iseng seacrh di google tentang sariawan yg tak kunjung sembuh. Dan saya baca klau sariawan dya sembuh karna tiap hari rutin mnum kombucha. Nah saya jadi pgn coba , soalnya saya sariawan trus menerus. Sudah mnum obat ini itu , dri dokter , obat cina , madu ttep aja. Itu berbentuk apal kombucha ?

        1. indokombucha

          Sariawan yang tak kunjung sembuh biasanya karena pola makannya yang kurang baik, kurang minum air putih sehingga saluran pencernaannya bermasalah.
          Anda bisa mencoba minum Teh Kombucha yang sudah jadi supaya Anda bisa merasakan langsung khasiatnya; dibandingkan harus membuat dulu di rumah, karena minimal 7 hari baru bisa dikonsumsi.
          Silahkan Anda kontak kami via SMS/WA/BBM
          http://indokombucha.com/kontak-kami/

        1. indokombucha

          Bisa pak.. walaupun rasanya asam tapi sifatnya basa; baik untuk penderita maag.
          Dosis minumnya cukup 100ml, 2-3x sehari

          Semoga membantu

    2. Indokombucha

      Maaf baru sempat dibalas. Sebenarnya caranya mudah: simpan di tempat yang sejuk / dingin, dan secara teratur buka tutup botolnya supaya tekanan yang berlebih bisa keluar.

  2. Pingback: Cara Membuat Teh Kombucha | Blognya MD

  3. selain dipermentasikan dengan teh.. apa bisa kombucha ini di konsumsi dengan media lain.. seperti juice dan minuman” lain.. atw jg makanan?? tolong di jawab.. makasihh.

    1. Mas Adi,
      Kombucha memang bisa difermentasikan dengan bahan lain selain teh. Misalkan: kopi, bunga rosella, juice dan lainnya. Silahkan dicoba 🙂

  4. Saya sudah tiga kali panen 2 liter kombucha. Baru 3 minggu mulai . Yang menjadi pertanyaan adalah kepala pusing setelah minum teh kombucha tapi tetap saya teruskan minum sampai hari ini. Apakah berbahaya? Atau ada penyakit / alergi? Mohon infonya. Terima kasih.

    1. Halo Pak Arya,
      Memang ada cukup banyak orang juga mengalami hal yang sama dengan Bapak.. tapi teruskan saja pak, karena pusing & lemas merupakan salah satu efek detoxnya. Lama kelamaan badan Bapak akan terasa lebih enteng.. 🙂

      1. Terima kasih. Saya tidak tahu pasti, pernah mendengar bahwa setelah minum the kombucha kemudian pusing itu katanya kolesterol?

        1. Sekedar info, sifat dari teh kombucha adalah memperbaiki atau menormalkan kerusakan pada tubuh, proses perbaikan itu memang sering tidak menghilangkan rasa sakit, beda dengan obat medis, menghilangkan rasa sakit tapi tidak mengobati penyakitnya.

          1. Saya yang harusnya terima kasih Pak, karena saya jadi tau cara merawat teh kombucha dengan benar.
            Tetap semangat……

  5. saya adrian , mau nanya kalau masa panen sampai satu bulan apakah masih bisa diminum, Mohon informasinya.

    1. Pak Adrian,
      Maaf baru sempat dibalas. Kalau fermentasi sudah mencapai satu bulan, rasanya pasti sudah seperti cuka. Tapi Anda tetap bisa mengkonsumsinya: Diminum sedikit demi sedikit, atau dicampur dengan air madu atau juice, atau sebagai pengganti asam jawa pada masakan.
      Demikian informasinya. Semoga bermanfaat

  6. achmad lahuri

    untuk teh ysng sudah jadi bisa tahan berapa lama untuk bisa di minum, pak?

    1. indokombucha

      Produk fermentasi sebenarnya tidak memiliki kadaluwarsa. Selama teh kombucha disimpan dengan baik (diisi penuh dalam botol dan tertutup rapat), maka dia bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Saya pun punya koleksi pribadi yang di tahun 2015 ini berarti sudah berumur 6 tahun. Rasanya masih enak koq 🙂

  7. Saya sering minum teh kombucha. Tqpi orang tua saya memanen hanya samapai 2-4 hari. Hasilnya tidak kecut. Melainkan hanya bersoda dan menghangatkan tubuh. Seperti meminum minuman anker atau bir putih. Saya pwrhatikan bnyak yg mwmanen hasil kombucha di internet swkitar 2 minggu. Tapi org tua saya hanya 2-4 hari sudah diminum. Ini cra orng tua saya tepat tidak ? Dan bagaimana dengan kadar alkholnya jika 2-4 hari sudah diminum.

    1. indokombucha

      Kalau memfermentasi hanya 2-4 hari sebenarnya kandungan gulanya masih tinggi, dan rasa asamnya itu didapat dari air starternya saja.. Ini tidak baik terutama bagi penderita diabetes. Lagipula kalau masih 2-4 hari, ragi sedang bekerja mengolah gula menjadi alkohol.. sehingga justru alkoholnya sedang tinggi!
      Sebaiknya lama fermentasi adalah 7-14 hari.

  8. Mohon tnya pak…kalu penyimpanan hsl panen ap bs dlm wadah plstik? N apakh boleh hsl panen terkena bhn metal spt sendok ??….trimz atas jwb an nya

    1. indokombucha

      Halo mbak Susan..

      Saya jawab yang kedua dulu: Teh Kombucha boleh saja bersentuhan dengan metal. Jangan berpikir terlalu extrim bahwa setelah kena metal langsung seketika itu juga menjadi rusak / mati. Itu adalah fitnah 😀

      Dan untuk penyimpanan menggunakan bahan plastik, sebenarnya bisa bisa saja tapi pastikan plastiknya adalah Food Grade.
      Selengkapnya silahkan pelajari disini: Plastik untuk Fermentasi Apakah Aman

  9. Kepala saya jg sering sakit sejak mengkonsumsi teh combuca, trus bisa tuk menurunkan berat badan gak

    1. indokombucha

      Halo Mba Ani.. bisa jadi sakit kepala itu disebabkan karena detox (proses pembuangan racun dari dalam tubuh).
      Silahkan diteruskan saja minum Teh Kombuchanya supaya pembuangan racunnya tetap berlangsung secara maksimal. Proses detox biasanya berlangsung selama 3-7 hari tergantung dari banyaknya kadar racun dalam tubuh dan juga kondisi badan kita.

      Semoga bermanfaat 🙂

    1. indokombucha

      Dear Mba Tia..
      Tidak ada masalah penderita DBD mengkonsumsi Teh Kombucha; Kalau untuk meningkatkan antibodi oke, tapi tidak bisa untuk meningkatkan trombosit. Lebih baik minum juga jus kurma & rendaman angkak.
      Semoga lekas sembuh 🙂

  10. Nurtjahjo Surjosuparto

    Adanya 2 jenis asam gula, yaitu cluconic acid dan glucuronic acid itu yang bisa melarutkan gula yang ada didalam darah (bukan gula darah lho!) sehingga penderita diabetpun, kalau minum kombucha yang sudah terfermentasikan secara sempurna, akan merasa ringan jadinya. Gula tresbur aklan dilarutkan dan akn dibuang bersama dengan urine melalui ginjal. Demikian juga yang berpenyakit jantung dan menderita penyumbatan di penmbuluh jantung, kalau rajin meminumnya maka plak akan terlepas dan larut kedalam darah, terus dibuang ke ginjal!

    1. indokombucha

      Ini adalah jawaban dari pertanyaan yang sangat banyak diajukan. Terima kasih atas penjelasannya.. Sangat informatif! (y)

  11. Bond laode

    Salam. Maaf mau nanya apa kombucha ini halal untuk d konsumsi. Mhon pjelasannya

  12. Apa boleh hasil panen direbus dlu.karna waktu panen pernah
    ada larva

    1. indokombucha

      Halo ibu Lily,

      Larva itu sebenarnya anak dari lalat buah. Dia hidup di permukaan baby scoby dan tidak bisa hidup dalam teh kombuchanya. Jadi sebenarnya tidak berbahaya, walaupun biasanya baunya agak berubah jadi seperti bau jeruk busuk (terutama kalau larvanya ada banyak).

      Nah, kalau direbus diatas suhu 40 derajat celcius, bakteri dan ragi akan mati, vitamin B&C akan rusak. Sisanya adalah asamnya saja.
      Silahkan.. keputusannya ada di Ibu 🙂

  13. Mau tanya pak bisakah air tehnya diganti dengan mnuman jahe atau rempah-rempah yang lain? terima kasih

    1. indokombucha

      Halo Bpk/Ibu Apuan,
      Minuman Kombucha bisa menggunakan bahan dasar apapun yang tidak beracun dan tidak berbahan dasar kimia. Jadi Ibu bisa menggunakan teh, buah2an, bunga2an, dan rempah2. Silahkan bereksplorasi 🙂

  14. Mau tanya pak.. Bisakah diminum orang yg memiliki kencing.manis atau penyakit gula? Terimakasih.

    1. indokombucha

      Ko Han,
      Yang boleh ditaruh di kulkas adalah Teh Kombucha hasil fermentasi, sedangkan bibit / kulturnya wajib disimpan di suhu ruangan.
      Semoga membantu

  15. Edwin Frederick

    Pak saya mau nanya apakah Tk bisa dikomsumsi/menyembuhkan penyakit liter (perut sdh mulai membesar). Trims

    1. indokombucha

      Bakteri positif dalam Teh Kombucha memang bekerja dalam usus.
      Saya tidak tahu persis perut membesar ini karena pola makan, kurang berolah raga atau karena memang ada masalah lainnya dalam perut..
      Jadi silahkan mengkonsumsi produk2 fermentasi yang cukup (Teh Kombucha, Kefir, Yogurt, Kimchi, Sauerkraut, Tempe), atur pola makan dan juga berolahraga.

      Semoga bermanfaat 🙂

  16. Msu tanya. .klo nsruh harus betul betul tertutup rapat ya.bgk boleh ada renggang sedikit

    1. indokombucha

      Informasi yang betul adalah: Harus ditutup rapat, tapi tetap ada udara masuk karena fermentasi kombucha perlu udara.
      Lalu kenapa harus ditutup rapat? Karena lalat buah dan semut sangat suka dengan Kombucha, karena itu harus kita tutup dengan rapat supaya mereka nggak masuk.
      Kalau ada renggang sedikit gimana? Lalat buah akan masuk dan bertelur didalamnya.. setelah itu Anda akan melihat larva putih kecil2 berjalan diatas scoby Anda. Geli khan membayangkannya?

      Tutup rapat sajalah dengan menggunakan lap / saputangan, jangan dikasih renggang-renggang 🙂

  17. Permisi, mau tanya, ibu hamil boleh gak minum teh kombuca , terimakasih

    1. indokombucha

      Mas Rony,
      Ibu hamil dan menyusui boleh mengkonsumsi Teh Kombucha karena akan membantu daya tahan tubuh ibu lebih baik.
      Hanya saja.. jika belum pernah mengkonsumsi teh Kombucha sebelumnya, lebih baik mengkonsumsinya dalam jumlah yang kecil.. sekitar 50ml saja 1-2x sehari. Karena dikhawatirkan ada proses detox yang bisa membahayakan sang janin.
      Semoga bermanfaat

    1. indokombucha

      Itu Hoax!
      Kalau iya menyebabkan virus Antrax, maka sejak abad 14 minuman ini sudah dilarang beredar. ya khan?

Comments are closed.

Scroll to Top