Go to Top

Detoks ala Kombucha

Detoks Ala Kombucha

Sadar atau tidak sadar, setiap hari tubuh kita mengumpulkan racun sedikit demi sedikit. Boleh dibilang hampir tidak mungkin untuk bisa menghindari kontak dengan beberapa bentuk racun setiap hari. Kualitas udara yang semakin hari semakin kotor karena polutan dari asap rokok, kendaraan bermotor, asap industri dan debu masuk melalui pernafasan kita. Selain itu, makanan yang kita makan pun banyak yang dapat merugikan tubuh, seperti: makanan yang mengandung bahan pengawet, pestisida, zat pewarna dan perasa buatan.

Jika racun tersebut dibiarkan menumpuk di dalam tubuh dan tidak segera dihilangkan dapat merusak organ-organ dalam tubuh, seperti hati, ginjal, pembuluh darah, hingga jantung. Kalau sudah demikian, penyakit-penyakit berat akan muncul, seperti: alegi, radang sendi, obesitas, diabetes, aterosklerosis, PMS, masalah pecernaan, pengerasan hati, gangguan ginjal, kanker serta penyakit kanker.

Lakukan dengan Detoksifikasi

Sebenarnya tubuh kita memiliki kemampuan untuk menetralisir dan membuang racun yang masuk, yaitu oleh hati dan ginjal. Hanya saja, karena banyaknya racun dalam tubuh membuat kedua organ tersebut kerja terlalu berat dan akhirnya tidak bekerja secara optimal. Karena itu perlu usaha lain dalam membuang racun yang dikenal dengan istilah “Detoksifikasi” atau singkatnya “Detox”

Di Klinik-klinik kesehatan dan kecantikan banyak menawarkan program detoksifikasi. Namun sebenarnya ada cara yang sebenarnya dapat kita lakukan sendiri, dan biayanya juga jauh lebih murah, yaitu:

1. Berpuasa

Puasa merupakan cara alami yang cukup efektif untuk membuang racun yang menempel dalam organ tubuh kita Tidak adanya makanan yang masuk dalam tubuh membuat sistem pencernaan beristirahat sejenak untuk melakukan regenerasi sel.

2. Kurangi makanan yang ‘beracun’

Jika Anda belum bisa menghindari, setidaknya kurangi makanan berlemak jenuh (makan yang digoreng) dan lemak trans (mentega), minuman beralkohol, daging, kafein, gula dan garam. Dengan demikian kerja ginjal menjadi lebih ringan.

3. Makan buah-buahan dan sayuran

Rajin-rajin mengkonsumsi buah dan sayur yang berwarna-warni, seperti pepaya, nanas, melon, apel, tomat, anggur, wortel, brokoli, selada, dll. Buah dan sayuran tersebut kaya anti oksidan dan berguna untuk membuang racun.

4. Olah Raga

Salah satu cara mengeluarkan racun dalam tubuh adalah lewat keringat. Dengan berolah raga, maka racun dalam tubuh akan semakin cepat keluar. Jangan lupa untuk mengganti keringat yang keluar dengan minum air putih agar tubuh kita tidak kekurangan cairan.

5. Minum Kombucha secara teratur

Pada artikel terdahulu, yaitu: “Pemikiran yang salah mengenai Kombucha”, ditulis bahwa Teh Kombucha bukan obat! Kombucha adalah minuman yang ditujukan untuk mempertahankan / meningkatkan kesehatan. Memang salah satu fungsi terpenting dari Kombucha adalah kemampuannya untuk men-detoksifikasi pada seluruh organ-organ tubuh sehingga dapat lebih efektif melawan penyakit. Setelah racun dibuang, tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri yang lebih baik.

Sebenarnya, penyakit atau keluhan apa saja sih yang bisa disembuhkan jika kita mengkonsumsi Teh Kombucha ini? Anda bisa melihatnya disini: Manfaat Teh Kombucha

Karena kita tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan dan makanan yang dapat merugikan tubuh kita setiap harinya, maka sebaiknya kita juga mengkonsumsi Teh Kombucha setiap hari agar racun yang terserap oleh tubuh dapat langsung kita buang.

Reblog this post [with Zemanta]

Comments (15)

  • Annabelle Ho 26/05/2010 - 03:07 Reply

    Hi Arsenius,

    Thank you for the comment, and your blog looks great! I have linked to your blog on my site.

    Thanks and I look forward to your upcoming posts!

  • alfian 12/07/2010 - 21:34 Reply

    dear admin indokombucha
    salam hormat,,
    bpak/ibu saya ingin menanyakan tentang proses pembuatan kombucha ini… bagaimana jika dalam pembuatannya toples tempat pembuatannya tertutup rapat dengan tutup toples, bukan dengan kain, sehingga tidak ada sirkulasi udara… apakah pengaruhnya dengan hasil akhirnya??
    terima kasih atas jawaban yg diberikan…

    • Indo Kombucha 12/07/2010 - 22:07 Reply

      Pak Alfian,
      Terima kasih sudah berkunjung ke Indokombucha 😀
      Selama proses fermentasi, Scoby membutuhkan udara yang cukup. Apabila ditutup rapat, akibatnya adalah proses fermentasi akan terhenti. Mungkin saja tetap muncul lapisan yang baru. Tetapi setelah oksigen yang dibutuhkan habis, maka proses pembuatan lapisan scoby yang baru akan terhenti, akibatnya adalah:
      1. Lapisan yang baru terbentuk hanya tipis, tidak bisa tebal.
      2. Air teh hanya ber-fermentasi sedikit, sehingga airnya akan tetap manis.

      Demikian informasi yang dapat saya sampakan, semoga bisa terjawab dengan baik 🙂

  • Burhan 06/09/2010 - 09:05 Reply

    dear admin indokombucha
    saya sudah punya bibit jamur kombucha tapi masih belum tau bagaimana cara memperbanyaknya agar punya banyak stok air tehnya untuk diminum setiap hari dan yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. bagaimana cara atau tips langkah-langkah untuk memperbanyak jamur teh kombucha..??

    2. apakah air hasil fermentasi kombucha bisa disimpan lama atau cepat basi..??

    cukup sekian pertanyaan dari saya mohon bantuanya, terima kasih..

    salam hormat dr saya..

    • Indo Kombucha 06/09/2010 - 19:41 Reply

      Dear Pak Burhan, terima kasih sudah berkunjung ke indokombucha.wordpress.com.

      Saya langsung jawab ya..
      1. Untuk memperbanyak jamur teh, berarti Bapak harus memperbanyak proses fermentasi, karena setiap kali fermentasi Bapak akan mendapat 1 jamur baru. Misalkan Bapak membuat teh Kombucha di 10 tempat sekaligus, maka dalam waktu 8-12 hari, bapak akan mempunyai 10 jamur baru.

      2. Teh hasil fermentasi bisa bertahan sampai 18 bulan dengan syarat: disimpan dalam botol kaca dan usahakan tidak menyisakan udara didalamnya (diisi full). Tujuannya adalah untuk menghentikan proses fermentasi. Dengan ditiadakan / diminimalkan udara dalam botol, maka proses fermentasi akan terhenti sehingga rasanya tidak akan berubah.

      Semoga penjelasan saya bisa dimengerti 🙂

  • Pither Sampe 09/09/2011 - 08:23 Reply

    sy baru tahu tentang pengobatan kombucha yang bisa mengobati banyak penyakit…informrasi ini sangat berhaga…yang ingin saya tanyakan dimana saya dapat memesan kombucha dan cara pengolahnnya . thanks

  • Irfan 23/10/2014 - 22:49 Reply

    salam all

    mau nanya , bgmn sebaiknya jika kita mengkomsumsi obat dr dokter , apakah menghentikan dahulu meminum kombuca dan menghabiskan obat dokter atau bisa meminum bersamaan dengan obat dokter ???

    • indokombucha 23/10/2014 - 23:35 Reply

      Jika Anda sedang mengkonsumsi obat dokter, pastikan bedakan waktunya 2 jam. Sebaiknya obat dokter dahulu, selang 2 jam baru mengkonsumsi Teh Kombucha.
      Tapi kalau mengkonsumsi obat-obatan/suplemen herbal, minumnya boleh dalam waktu yang berdekatan.

  • rusdy 12/12/2014 - 13:43 Reply

    tanks untk share nya smoga bermanfaat..

  • Wardani 10/04/2016 - 23:29 Reply

    Hallo Pak Arsen, salam kenal.
    Saya mau tanya, ketika kombucha sudah dipanen apakah bisa langsung diminum saat itu juga? Ada teman yang berpendapat bahwa kombucha yang Sudan dipanrn disimpan selama 4 hari dulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana pendapat Bapak? Terima kasih.

    • indokombucha 14/04/2016 - 20:04 Reply

      Salam kenal bu Wardani,

      Teh Kombucha bisa langsung diminum setelah dipanen. Dan betul kata teman Ibu bahwa kalau disimpan lagi selama beberapa hari, sodanya akan makin kencang dan minumnya jadi lebih segar, seperti minum soda. Kami memang menyebut Kombucha sebagai Healthy soda. Kalau dari sisi khasiat sih sama saja.. 🙂

  • mariatul Kiptiyah 20/06/2016 - 11:29 Reply

    Assalamualaikum pak Arsen,mau tanya..saya sering mengalami tekanan darah rendah,apakah boleh meminum teh combucha? Sehab saya baca manfaat combucha antara lain untuk menurunkan tekanan darah,terimakasih

    • indokombucha 26/06/2016 - 20:27 Reply

      Bu Mariatul,
      Lebih tepatnya, teh kombucha bisa menormalkan tekanan darah. Jadi yang mempunyai tekanan darah tinggi / rendah bisa mengkonsumsi Teh Kombucha.
      Tapi langan lupa untuk menjaga pola makan, banyak minum air putih, istirahat yang cukup dan juga berolah raga. Tanpa hal ini, konsumsi Teh Kombucha sulit membawa dampak positif.
      Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Analytics