Go to Top

Plastik untuk Fermentasi: apakah Aman?

Perlu diakui bahwa saat ini sulit sekali mendapatkan wadah kaca yang cukup besar untuk melakukan Fermentasi. Banyak wadah yang dahulu mempergunakan kaca, sekarang diganti dengan plastik karena lebih murah, lebih ringan dan lebih aman terhadap benturan.

Lalu, dengan kenyataan ini munculah pertanyaan yang diajukan oleh para Kombucha Brewer: Bolehkah saya menggunakan wadah plastik untuk melakukan fermentasi?

Bolehkah saya menggunakan wadah plastik untuk melakukan fermentasi?

Pertanyaan ini sering saya ajukan kepada diri sendiri, dan saya banyak mengumpulkan informasi seputar plastik untuk makanan. Setelah Googling kesana-kemari, akhirnya didapat kesimpulan bahwa Plastik yang aman untuk makanan adalah plastik jenis PP Food Grade (bertanda gelas garpu). Anda dapat memperhatikannya di balik wadah plastik.

Masih penasaran tentang plastik berjenis PP Food Grade, pada satu kesempatan saya mewawancara kepada seorang Admin salah satu produk plastik yang terkenal. Saya tidak akan menyebutkan merknya disini; namun saya tertarik dengan produknya karena hampir semua produknya berlabel PP Food Grade.

Food Grade Logo

Catatan:
1. Informasi plastik lainnya dapat Anda cari sendiri di Google dengan keyword: ‘Tipe Plastik’
2. Walaupun plastik PP Food Grade aman bagi makanan, tetapi saya tetap memegang prinsip bahwa: Wadah Kaca tetap yang terbaik untuk fermentasi Teh Kombucha.

Apa bedanya plastic PP yang food grade dengan yang bukan food grade?

Apakah plastic food grade ini tahan dengan asam? Karena saya memproduksi minuman yang bersoda dan menghasilkan asam (bahkan bisa menjadi cuka)

Berarti semua plastic PP itu tahan asam, tapi bukan berarti semua plastic PP itu aman untuk makanan & minuman ya?

Apakah jika wadah food grade diisi oleh air panas, ada zat-zat akan yang terurai?

Saya dengar botol minum mineral hanya boleh dipakai 1x saja.. Bagaimana dengan plastic food grade ini: ada masa pakainya? Karena kuatir setelah pemakaian beberapa lama, zat-zat yang terkandung didalamnya sedikit-sedikit akan terurai (apalagi saya akan selalu menggunakannya untuk zat asam)

Kami sudah mencoba beberapa produk food grade (ada logo PP/5 dan garpu sendok), tapi baunya berbeda-beda: ada yang baunya ‘enak’, dan ada juga yang baunya menyengat. Kenapa ya? Apakah formula dari plastiknya berbeda-beda dari setiap pabrik? Apakah yang bau plasticnya menyengat ini aman? Karena terus terang bau dari makanan/minumannya pun jadi nggak enak..

Apakah punya tips untuk menghilangkan bau plastic? Terutama yang baunya menyengat?

===

Jika kita pelajari apa yang dijelaskan oleh Sang Admin, bisa kita tarik kesimpulan bahwa fermentasi menggunakan plastik yang berlabel Food Grade adalah aman; tapi itu pun dengan syarat bahwa plastik ini pun punya usia pemakaian, dan juga mungkin cara kita membersihkan / memelihara wadah plastik ini juga turut mengambil andil dalam usia pemakaiannya. Namun demikian, tidak dipungkiri bahwa plastik Food Grade ini tetap menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya. Oleh karena itu walaupun tetap dikategorikan aman, gelas kaca tetap menjadi prioritas pemakaian untuk fermentasi Teh Kombucha.

Kalau Anda punya masukan lain atau sanggahan mengenai artikel ini, silahkan tuliskan komentar Anda; agar informasi yang saya kepada masyarakat tidak menjadi menyesatkan.

Dan semoga wawancara ini bisa menambah wawasan bagi para Kombucha Brewer.. 🙂

Salam Sehat Kombucha!

Comments (8)

  • isma 06/05/2012 - 21:23 Reply

    Salam sukses indokoumbucha,orang tua sy sering minum kombucha,smentra orang tua sy menderita diabetes
    Pertanyaanny,apakah kombucha aman jika diminum dengan waktu yg lama?
    Lalu apakah meminum kombucha ckp aman jika dalam menjalani therapi dan memimu obat herbal?tks

    • Indo Kombucha 06/05/2012 - 22:01 Reply

      Halo Mba Isma,
      Salam Sehat Kombucha..
      Banyak pengalaman yang saya dengar / saya baca testimoninya, bahwa penderita Diabetes bisa sembuh dengan mengkonsumsi Teh Kombucha, walaupun secara logika teh Kombucha ini kandungannya adalah gula.
      Saya sarankan untuk penderita diabetes, kadar gulanya diperkecil, sekitar 80gram / liter atau masa fermentasi diperlama, sekitar 14 hari. Jadi gula sudah diolah seluruhnya oleh ragi.
      Kombucha aman koq diminum dengan obat2an kimia maupun obat herbal. Kalau ingin yakin, dibedakan saja waktunya minimal 2 jam.
      Jangan lupa untuk selalu periksakan ke dokter secar berkala..
      Semoga orang tua Mba Isma cepat sembuh 🙂

  • anto 03/04/2013 - 20:47 Reply

    salam sukses indo kombucha, untuk membuat jus kombucha apakah dapat dicampur minuman lain?tks

    • indokombucha 03/04/2013 - 23:09 Reply

      Halo Mas Anto,
      Teh Kombucha bisa diminum langsung atau sebagai bahan campuran. Campurannya bisa macam-macam: Rempah-rempah seperti Jahe/Lemon/Madu dll; Juice, Air Kelapa, Soft Drink, atau bahkan dengan minuman beralkohol, seperti Beer, Wine dll
      Silahkan bereksperimen; jangan lupa share disini hasilnya ya 😀

  • Semsem Ginting 27/07/2013 - 13:26 Reply

    siang pak saya bru membuat fermentasi knp ada buihnya dan lapisan bawah ada yg tengelam ada yg tidak tapi harumnya enak x.tlong pak saya pake u kesehatan.terima kasih infoy

    • indokombucha 27/07/2013 - 17:34 Reply

      Selamat sore Pak Ginting,
      Buih itu normal pak, karena ada proses karbonasi/menghasilkan soda secara alami; Sedangkan posisi dari Induk, baik itu terapung/tenggelam/miring/terbalik sama sekali tidak mempengaruhi hasil fermentasi. Kalau harumnya enak, pasti rasanya juga enak pak 🙂

  • […] kaca/gelas bening untuk tempat fermentasi/pembuatan Teh Kombucha. Jangan menggunakan tempat dari plastik (botol aqua dsb) atau tempat dari bahan logam karena akan mengakibatkan oksidasi. Tempat dari kaca […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Analytics