Go to Top

Manfaat Lain Jamur Kombucha (bagian 1)

[heading style="2"]Manfaat Lain Jamur Kombucha (bagian 1)[/heading]

Selain membuat Teh Kombucha, Jamur Kombucha (Scoby) ternyata mempunyai kegunaan lainnya yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

  1. Apabila Anda terluka / lecet sehinga berdarah, cuci dahulu luka Anda sampai bersih, lalu tempelkan sedikit jamur Kombucha pada luka Anda, lalu tutup dengan plester (atau biarkan terbuka jika Anda tidak berpergian). Luka Anda akan menutup lebih cepat!

    Indo Kombucha – Penyembuhan Luka

  2. Wajah Anda berjerawat? Ini Tips yang bagus untuk Anda: Blender jamur Kombucha, kemudian jadikan sebagai masker wajah. Tingkat keasaman yang cukup tinggi dari jamur Kombucha akan membuat jerawat Anda mengering. Selain untuk jerawat, jamur Kombucha ini juga dapat mengencangkan kulit wajah :-)
  3. Anda memelihara anjing? Cobalah jemur jamur kombucha sampai kering (seperti kerupuk), kemudian berikan kepada anjing Anda sebagai snack :-)
  4. Lalu bagaimana dengan jamur Kombucha Anda yang sudah tua? (berwarna semakin coklat) Kadang saya merasa berdosa untuk membuang jamur tersebut, karena ‘sayang’ dan juga kasihan karena sudah berjasa bagi tubuh saya. Daripada dibuang, Anda bisa menjadikan jamur Anda sebagai pupuk kompos. Blender / potong kecil jamur Anda, campur dengan sampah organik dari dapur. Gali lubang di pekarangan Anda, masukkan kedalam lubang dan tutup kembali dengan tanah. Tanaman Anda akan berterima kasih karena sudah diberikan pupuk yang bergizi tinggi.

Apakah Anda punya ide/pengalaman lain dalam memanfaatkan jamur Kombucha? Silahkan tulis komentar Anda disini.

Tambahan informasi: Anda dapat melihat kelanjutan dari manfaat lain Jamur Kombucha (bagian 2) disini..

Oh ya.. bagi Anda yang belum mengetahui apa manfaat dari Teh Kombucha (bukan jamur / Scoby-nya), Anda bisa mempelajarinya disini..

Anda masih belum mempunyai bibit Jamur Kombucha? Kami menjual bibit Jamur Kombucha dengan kualitas Premium! Anda bisa lihat cara pemesanannya disini: How To Buy Kombucha

Comments (60)

  • Illa 26/01/2010 - 13:59 Reply

    terima kaseh ya..sememangnya k0mbucha ni byak manfaatnya.tp saya kdg2 xboleh minum air k0mbucha sblm mkn,akan berselera nanti.

  • indokombucha 26/01/2010 - 17:08 Reply

    Bpk / Ibu Illa apakah dari Malaysia? Bagaimana kombuhcha di Malaysia, apakah banyak penggemarnya? Dan apakah ada kelompok khusus penggemar Kombucha?

  • kaka 14/03/2010 - 23:21 Reply

    saya suka mengkonsumsi jamur nya, bukan hanya teh nya saja. apakah itu berbahaya? temen yg merekomendasikan mengatakan bahwa mengkonsumsi jamurnya lebih berkhasiat dr pada hasil fermentasinya. mohon infonya. terima kasih

    • indokombucha 15/03/2010 - 01:37 Reply

      Hi Mas Kaka,
      Mengkonsumsi jamur kombucha sebenarnya tidak berbahaya, tapi memang kurang umum untuk dikonsumsi.
      Belum ada perbandingan, mana yang lebih berkhasiat, apakah tehnya atau jamurnya.
      Tapi menurut saya pribadi, yang lebih berkhasiat adalah: Tehnya! Kenapa? Logikanya begini…
      1. Kalau jamurnya lebih berkhasiat, kenapa orang-orang sejak abad 18 memilih minum air tehnya, bukan jamurnya?
      2. Komposisi jamur (SCOBY) hanya terdiri dari ragi dan beberapa bakteri. Tapi komposisi Teh yang telah difermentasi oleh sang Jamur jauh lebih kaya. Di dalam Teh Kombucha terdiri dari 8 macam asam, Enzim dan beberapa Vitamin.

      Sejujurnya, saya belum pernah mencoba makan jamur Kombucha. Bagaimana rasanya Mas?
      Apakah dimasak? Boleh donk sharing pengalaman.. :D
      Thanks

  • wandi 08/06/2010 - 13:44 Reply

    saya sering menumis jamur tersebut apa berbahaya, tapi enak kenyil-kenyil kaya cumi-cumi. jika anda mau coba silahkan dengan bumbu bawang merah, putih, cabe, garam dan gula, tidak pake penyedap apapun

    • Indo Kombucha 09/06/2010 - 21:42 Reply

      Scoby Kombucha tidak berbahaya jika dikonsumsi dan belum pernah ada kabar berita yang negatif setelah mengkonsumsi Scoby.
      Bahkan saya pernah mendapat informasi bahwa ada yang telah mengkonsumsi Scoby secara teratur selama 6 tahun untuk tujuan kesehatan.

      Terima kasih buat resepnya :D Nanti saya coba resepnya ah.. sepertinya enak dimakan dengan nasi panas dan sambal kecap…
      yum…. ;p~

  • nita 09/11/2010 - 19:39 Reply

    gimana si cara merawat dan membersihkan jamur kombucha dari gumpalan2 yang sering muncul ketika jamur kombucha melakukan fermentasi ??
    thnx infonya bermanfaat bgd,. :D

    • Indo Kombucha 10/11/2010 - 01:41 Reply

      Halo Mba Narita,

      Terima kasih sudah berkunjung ke Indokombucha.wordpress.com
      Gumpalan-gumpalan (berwarna coklat?) itu bukan kotoran, tapi itu adalah ragi. Ini sangat normal koq :)

      Tapi… kalau gumpalan coklatnya berlebih dan banyak berkumpul di dasar, itu kemungkinan karena kualitas airnya kurang baik sehingga kotoran (debu/debris) dalam air dibungkus oleh ragi untuk memprotek koloninya agar mereka tidak tercemar. Ini adalah satu cara hidup SCOBY dalam mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Kalau air ini asalnya dari air tanah dan setiap kali fermentasi gumpalan Raginya berlebih, maka sebaiknya Anda ganti airnya dengan air mineral.

      Selama masa fermentasi, biarkan mereka tumbuh. Nah, kalau sudah waktunya dipanen, maka siapkan saputangan yang dilipat 3-4 kali untuk menyaring air. Maka ragi akan tertinggal di saputangan tersebut. Tapi, kalau memang terminum juga nggak masalah koq. :)
      Nah, untuk membersihkan SCOBY, Anda tinggal menyiram SCOBY sambil digosok-gosok ringan dengan jari Anda. Kalau Anda membersihkannya dengan air PAM, maka bilas sekali lagi dengan air minum, supaya kandungan kaporitnya tidak menempel pada SCOBY.
      hehe.. Mudah khan? Selamat mencoba!

      Happy Brewing! Cheers! :D

  • iin 03/01/2011 - 17:20 Reply

    Sore Pak,

    Saya mau tanya kalo harga tehnya itu berapa ya Pak?

    Khasiat dari teh itu sendiri apa saja ya?

    Terimakasih Pak

    • Indo Kombucha 03/01/2011 - 21:00 Reply

      Ibu Indi,
      Terima kasih sudah berkunjung ke indokombucha.wordpress.com
      Untuk saat ini kami belum menjual produk jadi Teh Kombucha. Yang saya jual untuk saat ini adalah jamur (SCOBY) yang merupakan biang untuk membuat Teh Kombucha. Jamurnya sendiri saya jual Rp 60.000 per buah diameter 10cm tebal 1cm. Anda cukup membeli 1x saja, dan setiap kali Ibu membuat Teh Kombucha, proses Fermentasi ini akan menghasilkan 1 jamur (scoby) lagi. Jadi ibu punya 2. Begitu seterusnya..
      Khasiat dari teh Kombucha ini sangat banyak. Mmm.. memang belum saya tuliskan listnya ya.. tapi yang pasti baik untuk melancarkan pencernaan, detox, memperbaiki daya tahan tubuh, diet, baik untuk kulit & memberantas jerawat. Khusus untuk wanita: keputihan. Juga baik untuk penderita insomnia, maag, menurunkan kolesterol, wasir, migren, antioksidan yang baik untuk melawan sel kanker.. Bahkan di luar negeri, Teh Kombucha dipakai untuk terapi AIDS dan sudah ada bukti sembuh 100%. Dan ini belum semua.. Masih banyak lagi manfaatnya!

      Dan untuk memperingati ulang tahun pertama Indo Kombucha, setiap pembelian 1 SCOBY, kami akan menyisihkan Rp 15.000 untuk diberikan ke Panti Asuhan.
      Jadi silahkan membeli Kombucha dari kami (yang banyak :D) supaya Anda juga bisa ikut mendermakan sebagian uang Anda.
      Terima kasih ;)

  • Nurhadi 20/01/2011 - 10:01 Reply

    saya baru di kasih sama teman..trus minum nya yg baik sesudah atau sebelum makan..atau minum kpn aja..trims

    • Indo Kombucha 20/01/2011 - 17:42 Reply

      Hi, terima kasih sudah berkunjung ke http://indokombucha.wordpress.com.

      Jika belum pernah mengkonsumsi Teh Kombucha sebelumnya, sebaiknya minum sedikit dahulu setelah makan untuk melihat efek yang dihasilkan dan untuk beradaptasi. Besoknya boleh mengkonsumsi lebih banyak dan lebih banyak lagi. Kalau sudah terbiasa, tidak masalah berapa banyak yang dikonsumsi dan kapan pun mau mengkonsumsi.
      Saya sendiri pertama kali bangun tidur langsung minum Teh Kombucha dingin, rasanya segar sekali :D

      Informasi lebih lanjut bisa pelajari artikel berikut:
      http://indokombucha.wordpress.com/important/

      Semoga bermanfaat!

  • ayu pratiwi 03/03/2011 - 20:24 Reply

    pak.. jual bakteri kombucha ga? trus referensi tentang kombucha jual juga ga?? saya lagi butuh nih buat skripsi…makasi

  • ayu pratiwi 05/03/2011 - 18:52 Reply

    iya…. ada bukunya juga ga???..

    iya maksud saya tuh mau beli starternya…hheheheh.. btw, lokasi nya dimana?? nanti pas beli nya dikirim atau saya ambil sendiri nih???

    • Indo Kombucha 05/03/2011 - 20:58 Reply

      Saya posisi di Bandung.
      Kalau mau berkunjung silahkan.. nanti kita ngobrol panjang lebar soal Kombucha.. :)

  • qwerty 20/05/2011 - 12:31 Reply

    trimakasih atas infonya

  • farida 02/07/2011 - 22:32 Reply

    Dulu pas SMA saya pernah kecelakaan trus kaki saya robek dan dijahit, nggak lama satu jahitannya lepas, akibatnya luka saya nggak kering2…
    saya lihat ayah saya punya jamur teh (jamur kombucha sepertinya) dan sering meminumnya, iseng2 saya ambil selapis tipis jamur itu trus aq tempelin di lukaku tiap mau tidur.. 3 kali saya lakukan itu, ajaib.. luka saya menutup dan sembuh.
    Sekarang lagi nyari jamur itu lagi utk mencoba khasiat yg lainnya.
    Boleh minta alamat lengkapnya t4 jual jamur kombucha nya??
    bales via email aja… makasih

    • Indo Kombucha 02/07/2011 - 22:47 Reply

      Halo Mba Farida,
      Memang Scoby Kombucha bisa mempercepat penyembuhan.. Saya juga pernah coba (yang ada foto tangan diatas)
      Kalau mau scoby kombucha-nya, saya jual koq. :)
      OK Alamat lengkapnya saya kirim via japri aja.
      Thanks

  • charlie 10/07/2011 - 07:17 Reply

    khasiat kombucha memang banyak tapi mungkin juga bisa di terangkan efek negatifnya atau panduan penggunaannya, terimakasih.

    • Indo Kombucha 10/07/2011 - 13:15 Reply

      Halllo Pak Charlie,

      Memang pada dasarnya semua yang baik kalau terlalu banyak juga nggak baik. Jadi dosis minumnya ya biasa-biasa aja, nggak usah terlalu banyak, tapi yang penting reguler / terus-menerus secara rutin.
      Selain itu ada juga yang tidak boleh minum Kombucha. Bapak bisa mempelajariya disini: Important – Siapa Saja yang Tidak Boleh Minum Teh Kombucha?.

      Semoga informasinya cukup membantu :)

  • Wahyu Kurniawan 21/08/2011 - 17:25 Reply

    asslam,saya mau nanya. apa jamur kombucha jg bisa mengobati penyakit Batu Ginjal?mhon informasi saudara, , ,

    • Indo Kombucha 21/08/2011 - 17:38 Reply

      Halo Mas Wahyu,

      Kombucha bisa mengobati Batu Ginjal. Asam amino yang terkandung dalam Teh Kombucha berfungsi memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tidak terjadi pengendapan batu ginjal. Namun karena batu ginjal itu terbentuk selama bertahun-tahun, maka perlu waktu juga untuk menghancurkannya. Jika diminum secara rutin, maka TK akan mengikis batu ginjal secara perlahan-lahan dan mengeluarkannya via air seni.

      Semoga informasinya bisa membantu :)

  • Gary 29/09/2011 - 21:48 Reply

    Pak, Selamat malam.
    Boleh tolong japri juga alamat lengkap berikut no HP nya yah.
    Salam Sejahtera,

  • anita 17/10/2011 - 15:54 Reply

    gimana cara belinya??? share ke email ya>>>

  • cecep-bdg 10/12/2011 - 20:44 Reply

    apakah untuk dikonsumsi atau sewaktu-waktu diberikan kepada anak balita atau dibawah umur 1 thn tidak apa-apa???

    • Indo Kombucha 11/12/2011 - 00:24 Reply

      Pak Cecep,
      Menurut penelitian, Anak balita baru boleh diberi Kombucha jika balita tersebut sudah tidak ada masalah jika mengkonsumsi madu. Saya rasa balita baru diberi madu diatas 1 tahun ya?
      Kalau boleh saya usul, jika balita Bapak masih diberi ASI, maka lebih baik Ibunya yang mengkonsumsi Kombucha agar kondisi Ibu dan balita lebih kuat :)

  • triyogo 13/12/2011 - 12:36 Reply

    Assalamualaikum wr wb
    Saya mau tanya mertua saya terkena stroke karena darah tinggi, gula dan jantung koronernya membengkak, apakah boleh mengkonsumsi jamur Kombucha ini karena ada pro dan kontra < ada yg bilang boleh ada juga yg melarang karena punya penyakit gula. tolong bantuannya untuk jawabannya . terimakasih
    Wassalam

    • Indo Kombucha 13/12/2011 - 13:10 Reply

      Assalamualaikum wr wb Pak Triyogo,

      Kombucha ini baik untuk semua yang Bapak katakan. Bukan karena saya menjualnya, tapi karena keluarga saya sudah mengalaminya. Ayah saya pernah kena stroke ringan, setelah mengkonsumsi rutin Teh kombucha, saat ini sudah pulih dan kembali sangat sehat! Bahkan pada saat ini usianya sudah 77 tahun, setelah General Checkup, semuanya normal!
      Lalu mertua saya juga Jantungnya bengkak dan ada diabetesnya. Sekarang minum Kombucha + Kefir, kondisinya sekarang membaik, bisa mulai jalan-jalan pagi dan belanja ke pasar walaupun jalannya perlahan-lahan.

      Memang Teh Kombucha memakai gula. Tapi gulanya itu bukan untuk kita pak, melainkan untuk Ragi! Ragi akan mengolah gula menjadi alkohol, dan kemudian alkohol dimakan oleh Bakteri dan menghasilkan asam. jadi untuk penderita diabetes, sebaiknya minum Teh Kombucha yang sudah lebih asam (fermentasi sekitar 2 minggu). Insya Allah kadar gulanya akan stabil :)

      • triyogo 13/12/2011 - 17:00 Reply

        Asslm,
        terima kasih pak atas balasan dan jawabannya, itu sangat berguna buat keluarga saya, dan semoga Allah membalas semua kebaikan Bapak dan Ibu semuannya karena membantu sesama makhluk sosial, sekali lagi terima kasih

  • Indo Kombucha 14/12/2011 - 09:16 Reply

    Senang bisa membantu pak!
    Teh Kombucha adalah salah satu minuman kesehatan yang paling murah namun ampuh untuk mengembalikan fungsi organ tubuh! Dan semuanya Tuhan sediakan secara alami :)
    Semoga lekas sembuh.. Jangan lupa tetap periksa ke dokter dan kabari perkembangannya pak :)

  • tony 02/01/2012 - 07:45 Reply

    saya minat beli bibitnya. gimana caranya beli?

  • Neri Sastra Atmaja 02/01/2012 - 20:42 Reply

    Yth. Bapak/ibu Pengelola

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Saya baru saja di kasih teman jamur kambucha yang katanya bisa mengobati berbagai jenis penyakit dan dpt berkembang lebih banyak, yang saya tanyakan adalah :
    1. Penyakit apasaja yg dapat di sembuhkan oleh jamur tersebut ?
    2. Bagaimana caranya untuk memisahkan anaknya ?
    Atas perhatian Bapak/ibu sebelumnya saya haturkan terima kasih

    • Indo Kombucha 03/01/2012 - 01:18 Reply

      Selamat malam Bpk/Ibu Neri Sastra Atmaja,

      Wa’alaikum Salam Wr. Wb.
      Memang betul bu Scoby/Jamur Kombucha dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Saya coba jawab pertanyaan dari Ibu
      1. Pada dasarnya fungsi utama dari Kombucha adalah mendetox tubuh, artinya mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Disamping itu Kombucha bekerja untuk mengembalikan fungsi organ tubuh agar kembali normal. Oleh karena itu manfaat yang diperoleh adalah banyak penyakit yang hilang karena imune dari dalam tubuh sendiri yang memerangi penyakit yang ada, diantaranya: maag, kolesterol, darah tinggi, asam urat, asma, jerawat, menstabilkan gula darah bagi yang kena diabetes, jantung, insomnia, keputihan, memperlancar & meringankan haid, eksim, mempercepat penyembuhan luka & luka bakar, dll dll…
      2. Biasanya induk tenggelam dan anaknya akan muncul di permukaan air. Tetapi apabila menempel, bisa dipisahkan menggunakan pisau atau ditarik perlahan. Nanti diapun akan terpisah koq.

      Demikian informasinya. Semoga bisa membantu. :)

  • faisal 18/03/2012 - 12:44 Reply

    saya sdh mendengar tentang kombucha…tp sy tdk tahu cara mendapatkan kombucha tersebut…tolong infonya….

  • jhon 19/05/2012 - 21:43 Reply

    jhon
    pak knp waktu saya belendr jamur kombucha
    trus saya pakai sebagai masker,
    tetapi yang ada malah bintik2 merah,
    apa mungkin ada efek samping ea?

    • Indo Kombucha 19/05/2012 - 21:48 Reply

      Saya juga mengalami hal yang sama mas, terutama pada bagian pinggiran hidung. Tetapi keesokan harinya hilang dan kulit yang biasanya kering & sering terkelupas akhirnya menjadi lembab.
      Mungkin saja kulit kita perlu ada penyesuaian.. :)

  • jhon 22/05/2012 - 21:18 Reply

    lw buat obat tetes telinga bisa g yach

    • Indo Kombucha 22/05/2012 - 21:20 Reply

      Waduh.. saya juga belum pernah coba..
      Pernah kepikiran sih untuk Tinitus, tapi saya belum berani coba..

  • jhon 11/06/2012 - 08:41 Reply

    gant
    mau tanya lagi nich,
    jaman sekarang ini kan,banyak tuch,penyakit gula/diabetes
    nah sedang kita membuat jamur harus memakai gula ,
    apa tidak berbaya,yg mengidap penyakit demikian,
    terima kasih

  • oim neverdie 27/07/2012 - 10:28 Reply

    minta alamat nya juga dunk, mungkin sesekali bisa mampir buat silaturahmi, saya jg orang bandung hehe .. thank’s b4 :)

    • Indo Kombucha 27/07/2012 - 11:26 Reply

      Silahkan mampir.. Kita sharing dan ngobrol2 :)
      Ada alamat emailnya Pak? Saya kirim via email saja ya..

  • bambang 21/08/2012 - 02:40 Reply

    met pagi,, mau nanya akang
    buat penderita diabetes teh kombucha sebaiknya diminum setelah fermentasi berapa hari ya?

    • Indo Kombucha 21/08/2012 - 08:24 Reply

      Met pagi Kang Bambang,
      Untuk penderita diabetes, minimal fermentasi adalah 14 hari supaya semua gula yang ada beres diproses oleh si Scoby.
      Jangan lupa untuk selalu mengontrol ke dokter untuk memastikan kadar gula dalam darahnya :)

  • Choirul Balboa Charm 01/09/2012 - 11:44 Reply

    Q uga punya jamur dipo ni,,,tp hal yg sulit bgku t menjaga dan merawatnya
    …muga j anda bisa beri solusinya z…
    terimakasih tas jawabanya

  • anto 04/12/2012 - 20:07 Reply

    apa efek samping jamur kombucha?

    • Indo Kombucha 04/12/2012 - 22:45 Reply

      Prinsipnya, semua makanan / minuman yang alami apabila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang (tidak over), tidak akan berefek samping. Yang mengakibatkan efek samping adalah ketika kita tidak seimbang mengkonsumsinya. Misal: gula.. Gula dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi ketika kita berlebihan mengkonsumsi gula, maka tubuh mulai menghasilkan lemak berlebih dan berefek ke yang lain-lain.
      Begitu pula Kombucha. Selama kita tidak mengkonsumsinya secara over, tidak bersamaan dengan minum obat kimia, maka tidak ada efek samping. Tapi saya sudah mengkonsumsi hampir 12 tahun, kadang minum sampai 2 liter seharinya (jarang-jarang sih..), tidak ada masalah/keluhan sama sekali.. :)

  • anto 08/12/2012 - 16:15 Reply

    apakah kombucha bisa di minum untuk orang hamil, dan apa bisa juga menyembuhkan penyakit gondok? terima kasih atas jawabannya…

    • Indo Kombucha 08/12/2012 - 21:42 Reply

      Wanita hamil boleh minum kombucha masih menjadi pertanyaan banyak orang. Tetapi saya baca di sebuah forum di luar negeri, Para Ibu yang sedang hamil dan juga sedang menyusui tetap minum.
      Saran saya, kalau orang hamil tersebut sudah terbiasa minum Kombucha, silahkan diteruskan; Apabila belum pernah coba Kombucha, silahkan coba sedikit saja dahulu: 25ml 2x sehari. Kalau tidak ada masalah, silahkan dilanjutkan.
      Untuk penyakit Gondok, terus terang saya kurang tahu.. Tapi yang namanya herbal / alami, tidak ada masalah untuk dicobakan kepada sang pasien. Mudah-mudahan saja bisa menyembuhkan :)

  • anto 09/12/2012 - 19:45 Reply

    assalamu alaikum wr wb… klw olahragawan apakah boleh mengkomsumsinya setiap saat, apalagi klw pas selesai berolahraga,trims

    • Indo Kombucha 10/12/2012 - 22:46 Reply

      Halo Mas Anto,
      Benar-benar boleh sekali! Tapi tetap dengan prinsip: Teh Kombucha jangan dipakai untuk mengganti air putih :)

  • adi 11/10/2013 - 18:13 Reply

    mat malam,,,,lau penyakit ambeyen bisa d obati dngn teh kombucha,,,krn penykit zy sda lama n sda d obati dngn berbagai cara namun blum sembuh juga,,,mohon pejelasnx , makasih sblumx

    • indokombucha 14/10/2013 - 19:55 Reply

      Halo Mas Adi,
      Mohon maaf lama membalasnya karena saya harus mengkoleksi informasi yang lengkap sebelum dibagikan.
      Ambeyen bisa disembuhkan dengan Kombucha. Caranya adalah dengan dikonsumsi air tehnya dan supositoria (lewat anus). Mungkin ini kedengarannya aneh. Tapi cara ini terbukti efektif.
      Metoda pengobatannya adalah sebagai berikut:
      1. Minum Teh Kombucha 3x sehari sebelum makan
      2. Pilih Jamur Kombucha yang paling putih & sehat. Cuci bersih, potong2 sebesar dadu dan campurkan dengan minyak kelapa.
      3. Sebelum tidur, masukkan 3-4 buah potongan kombucha tersebut kedalam anus dengan cara didorong dengan jari.
      Semoga informasinya bermanfaat, dan semoga lekas sembuh juga :)

  • […] 2. Pada waktu memanen anda akan mendapatkan dua Jamur, jamur pertama dan jamur baru/anaknya yang terbentuk selama proses fermentasi. Jamur yang baru dapat dipotong dengan tangan untuk dijadikan bibit pertama. Jamur yang lama masih dapat dipakai beberapa kali sampai warnanya menjadi coklat. Jamur yang lama dapat dipakai untuk pupuk tanaman. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>